Free City Tour Istanbul & Visa Turkey (2016)

Free City Tour Istanbul

Banyak orang tertarik untuk berkunjung ke Istanbul, Turki. Kota unik yang terletak sebagian di benua Asia dan sebagian di benua Eropa. Asik kan… dimana lagi coba bisa merasakan 2 benua sekaligus saat berkunjung di 1 kota ?! Kota terpadat di Turki ini dahulu pernah bernama Bizantium dan Konstantinopel. Pernah dengar dong ?

Turkish Airline merupakan penerbangan yang sering mengadakan promo untuk rute dari Asia menuju Eropa dan sebaliknya. Jika kita hendak ke Eropa dan naik Turkish Airline, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti free city tour yang ditawarkan bernama “touristanbul” saat (pastinya harus) transit di Ataturk Airport, Istanbul.

Syaratnya :

  • Penumpang pesawat rute international, yang transit di Istanbul dalam waktu 6-24 jam. Jadi pilih transit yang durasinya sesuai persyaratan.
  • Punya visa Turki. Nah, walau cuma city tour sebentar doang, tapi tetap harus apply visa Turki.
  • Mendaftar di counter paling lambat 30 menit sebelum waktu tour dimulai. Jadi harus diatur supaya transit nya jangan pas tengah malam, karena percuma ga ada tour di jam segitu walau kita transit 10 jam misalnya.

Jadwal Tour

Ada beberapa jadwal city tour dalam sehari. Yaitu pk.08.30-11.00 ; pk.09.00-15.00 ; pk.09.00-18.00 ; pk.12.00-18.00 dan pk.16.00-21.00. Setiap jadwal memiliki itinerary destinasi yang berbeda-beda. Nah silakan dilihat-lihat dulu jadwal dan destinasinya dengan seksama dan pilih yang sesuai dengan minat kita.

Setiap hari pun jadwalnya berbeda-beda. Jadi untuk tour jam 12.00-18.00 misalnya, hari Senin dan hari Jumat destinasi nya beda loh. Nah, kalo ada keinginan yang spesifik bisa mengatur hari transitnya juga supaya cocok.

Kami sendiri mengalami begitu, tadinya mau memanfaatkan free city tour ini saat pergi ke Scandinavia. Tetapi ternyata pada hari itu destinasinya kurang menarik. Sedangkan saat transit pulang, di hari tersebut justru destinasinya menarik. Akhirnya kami mengatur supaya transit saat pergi sebentar saja (2 jam) sedangkan transit saat pulang cukup lama (16 jam) supaya bisa ikut tour gratis ini.

Sebagai gambaran, kita bisa mendapatkan makan gratis dan berkunjung ke tempat2 wisata secara gratis ketika mengikuti tour ini. Wah, lumayan banget kan !!

Untuk info selengkapnya dan detil itinerary tour nya bisa dilihat di http://www.istanbulinhours.com/

 

Visa Turkey

Visa Tuki bisa didapatkan dengan sangat mudah dengan menggunakan e-visa alias visa elektronik. Hanya butuh waktu 5 menit di depan laptop dan semuanya beres ! Sayangnya, e-visa bagi paspor Indonesia hanya berlaku untuk single entry. Jadi kalo mau keluar masuk Turki berkali2 tidak bisa. Misalkan mau ikut free city tour 2x saat transit pergi dan transit pulang artinya harus apply e-visa ini 2x atau harus mengajukan VOA (Visa on Arrival) yang multiple entry.

Kami sendiri akhirnya memutuskan untuk apply melalui e-visa ini karena pengajuan VOA bisa memakan waktu yang lebih panjang di airport. Kalo ada yang mudah kenapa musti yang ribet ? hehe..

Pertama-tama, buka https://www.evisa.gov.tr/ dan isi formulir yang ada di situ secara online.

Perhatian : Alamat situs selain itu (misalnya https://www.turkish-visa.com/) adalah pihak ke-3 dan bukan resmi dari pemerintah Turki. Hati-hati, karena banyak blog yang memuat situs lain walaupun akhirnya connect ke situs resmi di atas, namun artinya kita memberikan informasi yang jauh lebih detil kepada pihak ke-3 secara online.

Pengisian data sangat sederhana (seperti saat memesan tiket pesawat secara online). Jika yang pergi lebih dari 1 orang, maka setelah mengisi data orang 1, silakan klik tombol “add a new person” dan isilah data orang kedua, dst. Maka nanti total biaya untuk pembayaran akan digabung dan tidak rugi biaya service.

Setelah mengisi data sekitar 1 menit, maka mereka akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email kita. Nah, kita harus melakukan konfirmasi dengan meng-klik “approve” yang ada di email dalam waktu 1 jam. Jika tidak ada respon dalam 1 jam, aplikasi kita akan dianggap batal.

Button “approve” yang di-klik itu akan membawa kita ke halaman payment. Silakan langsung saja mengisi data credit card. Ya hanya bisa menggunakan credit card, tidak masalah credit card kepunyaan siapa. Biaya visanya USD.25 per orang ditambah biaya service sebesar USD.0.70 per pembayaran. Jadi kalo seperti kami berdua, biayanya hanya USD.50.70 (25+25+0,7) bukan USD.51.40 (25+25+0,7+0,7).

Visa berupa pdf langsung jadi dan dikirimkan ke email kita. Wuiiih… istilahnya cuma registrasi dan bayar visa doang ini sih. Visa tersebut berlaku selama 6 bulan dari tanggal kita mendarat di Istanbul (yang kita masukkan) dan durasi tingal di Turki maksimal 30 hari. Siap deh jalan2 ke Turki !!

 

print out e-visa Turkey

print out e-visa Turkey

 

Pengalaman kami jalan2 asyik di Istanbul menggunakan cara ini bisa dilihat di trip Turkey : Free City Tour Istanbul (2016)

 

Categories: 2015-2019, ASIA, Dokumen : Passport, Visa, SIM, EUROPE, Other, Turkey | Tags: , , | 28 Comments

Post navigation

28 thoughts on “Free City Tour Istanbul & Visa Turkey (2016)

Comment navigation

  1. Armeyn

    Keren dan detail blog nya

    Mau tanya Kalau kami penerbangan dgn turkish air dr eropa helsinki ke jkt transit di turk 10.jam kan sudah ada visa schengen apa harus bikin visa turki lagi

    Dah juga mau tanya bagasi kita ambil lagi ga kemudian harus check in lagi berikut bagasi

    Terima kasih info nya

    • Untuk Turki tidak bisa pakai visa Schengen, harus visa Turki.
      Jika transit artinya bagasi tidak keluar. Bagasi dari Helsinki langsung ke Jkt.

  2. Fina Hidayat

    Hallo mbak Diana yg baik, keren bgt sharingnya mbak 🙏☺️
    Mau tanya mbak, apakah harus pake Turkish airline kan penerbangannya?
    Kita mau kesana utk yg kedua kalinya, kita mau coba cari onedaytour utk di Istanbul dan sktrnya.
    Terima kasih sblmnya ya mbak 🙏☺️

  3. Putri

    Hallo Mba Diana,
    Thanks untuk sharingnya, keren.
    Kalau misal saya punya tiket CGK-Turki, lanjut Turki-Amsterdam, ttp bisa dpt free City Tour ga ya?
    Soalnya kan judulnya bukan transit itu.
    *bingung

Comment navigation

We love your feedback !

Create a free website or blog at WordPress.com.