Advertisements

Free City Tour Istanbul & Visa Turkey (2016)

Free City Tour Istanbul

Banyak orang tertarik untuk berkunjung ke Istanbul, Turki. Kota unik yang terletak sebagian di benua Asia dan sebagian di benua Eropa. Asik kan… dimana lagi coba bisa merasakan 2 benua sekaligus saat berkunjung di 1 kota ?! Kota terpadat di Turki ini dahulu pernah bernama Bizantium dan Konstantinopel. Pernah dengar dong ?

Turkish Airline merupakan penerbangan yang sering mengadakan promo untuk rute dari Asia menuju Eropa dan sebaliknya. Jika kita hendak ke Eropa dan naik Turkish Airline, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti free city tour yang ditawarkan bernama “touristanbul” saat (pastinya harus) transit di Ataturk Airport, Istanbul.

Syaratnya :

  • Penumpang pesawat rute international, yang transit di Istanbul dalam waktu 6-24 jam. Jadi pilih transit yang durasinya sesuai persyaratan.
  • Punya visa Turki. Nah, walau cuma city tour sebentar doang, tapi tetap harus apply visa Turki.
  • Mendaftar di counter paling lambat 30 menit sebelum waktu tour dimulai. Jadi harus diatur supaya transit nya jangan pas tengah malam, karena percuma ga ada tour di jam segitu walau kita transit 10 jam misalnya.

Jadwal Tour

Ada beberapa jadwal city tour dalam sehari. Yaitu pk.08.30-11.00 ; pk.09.00-15.00 ; pk.09.00-18.00 ; pk.12.00-18.00 dan pk.16.00-21.00. Setiap jadwal memiliki itinerary destinasi yang berbeda-beda. Nah silakan dilihat-lihat dulu jadwal dan destinasinya dengan seksama dan pilih yang sesuai dengan minat kita.

Setiap hari pun jadwalnya berbeda-beda. Jadi untuk tour jam 12.00-18.00 misalnya, hari Senin dan hari Jumat destinasi nya beda loh. Nah, kalo ada keinginan yang spesifik bisa mengatur hari transitnya juga supaya cocok.

Kami sendiri mengalami begitu, tadinya mau memanfaatkan free city tour ini saat pergi ke Scandinavia. Tetapi ternyata pada hari itu destinasinya kurang menarik. Sedangkan saat transit pulang, di hari tersebut justru destinasinya menarik. Akhirnya kami mengatur supaya transit saat pergi sebentar saja (2 jam) sedangkan transit saat pulang cukup lama (16 jam) supaya bisa ikut tour gratis ini.

Sebagai gambaran, kita bisa mendapatkan makan gratis dan berkunjung ke tempat2 wisata secara gratis ketika mengikuti tour ini. Wah, lumayan banget kan !!

Untuk info selengkapnya dan detil itinerary tour nya bisa dilihat di http://www.istanbulinhours.com/

 

Visa Turkey

Visa Tuki bisa didapatkan dengan sangat mudah dengan menggunakan e-visa alias visa elektronik. Hanya butuh waktu 5 menit di depan laptop dan semuanya beres ! Sayangnya, e-visa bagi paspor Indonesia hanya berlaku untuk single entry. Jadi kalo mau keluar masuk Turki berkali2 tidak bisa. Misalkan mau ikut free city tour 2x saat transit pergi dan transit pulang artinya harus apply e-visa ini 2x atau harus mengajukan VOA (Visa on Arrival) yang multiple entry.

Kami sendiri akhirnya memutuskan untuk apply melalui e-visa ini karena pengajuan VOA bisa memakan waktu yang lebih panjang di airport. Kalo ada yang mudah kenapa musti yang ribet ? hehe..

Pertama-tama, buka https://www.evisa.gov.tr/ dan isi formulir yang ada di situ secara online.

Perhatian : Alamat situs selain itu (misalnya https://www.turkish-visa.com/) adalah pihak ke-3 dan bukan resmi dari pemerintah Turki. Hati-hati, karena banyak blog yang memuat situs lain walaupun akhirnya connect ke situs resmi di atas, namun artinya kita memberikan informasi yang jauh lebih detil kepada pihak ke-3 secara online.

Pengisian data sangat sederhana (seperti saat memesan tiket pesawat secara online). Jika yang pergi lebih dari 1 orang, maka setelah mengisi data orang 1, silakan klik tombol “add a new person” dan isilah data orang kedua, dst. Maka nanti total biaya untuk pembayaran akan digabung dan tidak rugi biaya service.

Setelah mengisi data sekitar 1 menit, maka mereka akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email kita. Nah, kita harus melakukan konfirmasi dengan meng-klik “approve” yang ada di email dalam waktu 1 jam. Jika tidak ada respon dalam 1 jam, aplikasi kita akan dianggap batal.

Button “approve” yang di-klik itu akan membawa kita ke halaman payment. Silakan langsung saja mengisi data credit card. Ya hanya bisa menggunakan credit card, tidak masalah credit card kepunyaan siapa. Biaya visanya USD.25 per orang ditambah biaya service sebesar USD.0.70 per pembayaran. Jadi kalo seperti kami berdua, biayanya hanya USD.50.70 (25+25+0,7) bukan USD.51.40 (25+25+0,7+0,7).

Visa berupa pdf langsung jadi dan dikirimkan ke email kita. Wuiiih… istilahnya cuma registrasi dan bayar visa doang ini sih. Visa tersebut berlaku selama 6 bulan dari tanggal kita mendarat di Istanbul (yang kita masukkan) dan durasi tingal di Turki maksimal 30 hari. Siap deh jalan2 ke Turki !!

 

print out e-visa Turkey

print out e-visa Turkey

 

Pengalaman kami jalan2 asyik di Istanbul menggunakan cara ini bisa dilihat di trip Turkey : Free City Tour Istanbul (2016)

 

Advertisements
Categories: 2015-2019, ASIA, Dokumen : Passport & Visa, EUROPE, Other, Turkey | Tags: , , | 18 Comments

Post navigation

18 thoughts on “Free City Tour Istanbul & Visa Turkey (2016)

  1. Princess Amanda

    Kereeen ittenarynya sista..Turkey emang sesuatu selalu dan selalu ingin kembali ke Turkey…sebelum ramadhan kemarin baru kembali dari Turkey dan 2018 insha Allah kesana lagi…

    Buat2 tmn2 cewe yg cari travelmate bisa kontak aku ya +6285973017059..kali bs ber jodoh jd travelmate.. 🙂

    Insha Allah sy November 2017 ke Ukraine dan Russia

  2. Ibrahim Suarez

    Bisa advise untuk trip yang menarik yang mana ya? Rencana saya akan transit di turkey tanggal 1st September. Thx

  3. yane

    hai mbak.. utk tas yg masuk kabin hrs dibawa selama city tour atau bisa dititip di airport? Tx

    • Dititip di airport artinya harus bayar yah, di tempat penitipan luggage. Kalo mau dibawa selama city tour bisa ditaro di bus.

      • Ariessa

        Halo mbak.. senang sekali bisa dapat info detail tentang Touristanbul dari blog mbak. Kalau boleh tahu, mbak sendiri waktu itu menitipkan barang di penitipan atau dibawa ke dalam bus? terima kasih..

  4. Sutikno Gresik

    Keren Mbak Diana, karena saya mau trip Caucasus + Russia maka jadi tertarik untuk ambil yang transit di Istambul. mudah2an dapat tiket murah….

  5. keren ini blog, cita2 banget bisa traveling bareng pasangan suatu saat nanti maybe, hehe

  6. Dicatet Ah ini. Semoga kesampaian di Turki dan menggunakan free city tour nya 🙂

  7. di bookmarked kak ini turky emang magnet banget

  8. Aku udah berkali-kali bantuin temen bikin visa Turki ini. Eh akunya sendiri belom pernah *mewekdipojokan

    • cup cup… jangan mewek ya, semua indah pada waktunya. Pengalaman bikin visa sangat mendukung kok untuk modal traveling ke Turki 😉

We love your feedback !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: