2020-2024

Bangka : 26-30 Desember 2022 (part 2)

Day 3

Perjalanan dari Pesona Bay ke kota Pangkalpinang sekitar 40 menit saja. Ditemani cuaca mendung dan gerimis, kami memasuki kota Pangkalpinang. Tujuan pertama kami adalah kuliner di Mie Lokut. Di sini menunya non halal semua ya. Kami makan Jam Mian (mie kering manis kaya yamien Bandung) dan Sui Mian (mie kuah). Semua pake tauge dan daging cincang babi. Masing2 harganya Rp. 20.000,- per porsi. Rasanya enak ! Kami dikasi juga kuah isi baso ikan, baso sapi dan seperti kekian, padahal ga pesan. Kirain sepaket sama mie, taunya bayar tersendiri dan harganya Rp.35.000,- malah lebih mahal daripada mienya. Jadi kalo misal kalian pesan mie dan memang ga mau baso kuahnya tolak aja ya.

Mie Lokut – Non Halal
Continue reading
Categories: 2020-2024, ASIA, INDONESIA, Sumatera | Tags: , , , , , , | Leave a comment

Bangka : 26-30 Desember 2022 (part 1)

Prolog

Kali ini kami ingin liburan akhir tahun yang santai saja di dalam negeri, pilihan jatuh pada Pulau Bangka. Tetangganya, Pulau Belitung, memang lebih terkenal sebagai tempat wisata. Tapi kami sudah pernah trip ke Belitung (2015) bersama keluarga Diana. Sekarang giliran ke Bangka karena Jeff belum pernah. Diana sendiri pernah ke sini udah lama waktu tahun 1996 dan kesannya positif (makanan enak, pantai bagus).

Oke, kami dapat tiket Garuda di harga 2 juta untuk pp/orang. Kode bandaranya Pangkalpinang ya, kalo Tanjung Pandan itu kode bandaranya Belitung, jangan salah. Nama bandaranya sendiri di Bangka ini Depati Amir. Karena Garuda tidak tiap hari ada rute Jakarta-Pangkalpinang dan hanya ada di pagi hari, makanya mesti atur2 itinerary. Jadilah kami pergi tgl.26 Des pagi dan pulang tgl.30 Des pagi. Walau kelihatannya lama 5 hari, tapi efektif jalan2 nya hanya 3,5 hari sebetulnya.

Perjalanan dengan Garuda Indonesia untuk liburan ke Bangka
Continue reading
Categories: 2020-2024, INDONESIA, Sumatera | Tags: , , , , , , , , , | Leave a comment

Mengurus Visa Canada (November 2022) – Selesai 1 hari setelah Biometrik !

Ini pengajuan Visa Canada kami yang kedua kalinya sejak kami menikah. Sebetulnya ini juga terpaksa sih, karena tujuan kami bukan ke Canada melainkan Alaska Cruise dari USA. Tetapi karena itinerary cruisenya “melewati” wilayah Canada, jadi walau kami bisa saja tidak turun di port Canada tapi tetap saja untuk naik Cruise nya kami harus punya visa Canada. Well, ya sudah lah, mau gimana lagi.

Untuk pengajuan visa Canada yang pertama kali adalah di tahun 2018, waktu itu memang tujuannya mau ke Canada. Selengkapnya bisa dibaca di sini. Nah, setelah pandemi COVID banyak perubahan terkait cara mengurus Visa Canada. Jadi kami coba bagikan pengalaman kami yang sekarang ya.

A. Lama & Alur Proses Peninjauan Aplikasi Visa

Dahulu, proses dari submit form sampai visa tertempel di paspor termasuk sangat cepat, tidak sampai 1 minggu beres. Nah, sekarang proses dari submit sampai visa jadi bisa sampai 2 bulan ! Beda banget ya. Alurnya pun sekarang lebih ribet, karena mesti beberapa tahapan.

Continue reading
Categories: 2020-2024, AMERICA, Canada, Dokumen : Passport, Visa, SIM, Other | Tags: , , | Leave a comment

Ciwidey : 15-17 Oktober 2022

Prolog

Perjalanan kami ke Ciwidey kali ini adalah untuk merayakan hari ulang tahun kami berdua di bulan Oktober. Tahun lalu, kami pernah menginap juga di Ranca Upas, Ciwidey (2021). Hawa yang dingin dan penginapan yang menyatu dengan alam memang menjadi daya tarik untuk area Ciwidey ini. Karena masih dalam era COVID, walau sudah melandai, namun kami masih tetap berusaha memilih tempat menginap yang private. Jadinya kami memilih 1 malam di Glamping (Glamour Camping) Legok Kondang dan1 malam di Glamping Lakeside Rancabali.

Harga untuk glamping di Ciwidey ini tergolong mahal menurut kami, karena menjual nuansa tenda tapi harga setara hotel bintang 4 atau 5. Untuk Glamping Legok Kondang, kami ambil Luna Tent di harga 3,5 juta per malam. Sementara untuk Glamping Lakeside Rancabali kami ambil Lakeside Tent di harga 1,5 juta per malam. Mari kita coba, seperti apakah rasanya menginap di glamping mahal ini ?

Continue reading
Categories: 2020-2024, ASIA, INDONESIA, Java, Jawa Barat | Tags: , , , , , , , , , , , , , | 3 Comments

USA part 7 – Los Angeles (Finished) : 5-8 May 2022

Kamis, 5 Mei 2022

Hari terakhir bisa beraktivitas nih di LA, sebelum besok kami harus terbang kembali ke Indonesia. Sebetulnya dalam jadwal kami hanya ada 1 agenda hari ini, yaitu Warner Bros Studio di pagi hari dan sengaja lebihnya dikosongkan untuk belanja2 atau jalan2 santai. Tapi ternyata jadi penuh nih ditambah Griffith Observatory karena waktu pertama ngider di LA itu Griffith sempat penuh banget ga bisa parkir, jadinya kami mau coba di hari ini. Lalu juga tambah Santa Monica, karena kemarin ga sempat waktunya mampir ke sana pas perjalanan nyusur Pacific Coast Highway.

Catatan : Ada baiknya memang alokasi 1-2 hari kosong di akhir perjalanan jika memungkinkan untuk jaga2 jika ada rencana yang gagal di awal dan mau dicoba kembali di akhir perjalanan.

Warner Bros Studio

Yang pertama, kami mau ke Warner Bros, salah satu produsen film dan TV series terkenal di dunia. Lokasinya ada di Burbank, California. Kami mau ikut Warner Bros Studio Tournya. Tinggal buka https://www.wbstudiotour.com/ dan bisa pilih jenis tour dan jam yang diinginkan. Kami sudah booking ini dari sebelum berangkat ke USA.

Continue reading
Categories: 2020-2024, AMERICA, USA | Tags: , , , , , , , | 1 Comment

USA part 6 – Monterey & Pacific Coast Highway : 3-4 May 2022

Selasa, 3 May 20222 (Santa Cruz, Monterey)

Di California, ada jalanan menyusuri laut mulai dari San Francisco ke San Diego yang namanya Highway #1. Nah, jalur ini dikenal dengan nama Pacific Coast Highway (PCH), merupakan one of the most famous scenic drives in the world. PCH ini juga masuk dalam list National Scenic Byway yang dirilis oleh dept perhubungan USA.

Jadi jika kita mengunjungi California, usahakan menjalani rute ini ya, bisa drive seperti kami atau naik bus. Lalu boleh dari jalur mana saja, San Francisco ke bawah atau Los Angeles/San Diego ke atas, pemandangan nya sama saja. Jika seperti kami, rutenya dari San Francisco ke bawah, maka lautnya ada di sebelah kanan jalan. Jika hendak stop lebih mudah karena tinggal minggir saja (posisi mobil kan di sebelah kanan jalan). Juga pemandangan ke laut dari mobil tidak terhalang, jadi lebih menguntungkan sih rute ini.

Masalahnya, jika kita mengikuti jalur PCH ini secara murni, maka perjalanan menyetir akan jadi sangat lama. Padahal kami cuma punya waktu 2 hari untuk menyusuri PCH dari SF sampai LA, dengan menginap di Monterey. Jadinya kami kombinasi saja antara PCH dan jalur yang lebih to the point ya. Untuk hari ini, kami akan langsung drive ke Santa Cruz, baru menyusur PCH sampai Monterey. Jika menyusur PCH ke Santa Cruz bakal jauh dan lama soalnya.

Santa Cruz Beach

Santa Cruz Beach Boardwalk
Continue reading
Categories: 2020-2024, AMERICA, USA | Tags: , , , , , , , , , , , | 3 Comments

USA part 5 – San Francisco (California) : 1-2 May 2022

Minggu, 1 May 2022

Selama kami di San Francisco, kami memutuskan tidak nyetir sendiri ke downtown. Ini nasihat dari banyak orang terhadap kami, hehe.. Alasannya antara lain : kontur jalan yang kurang bersahabat (naik turun cukup curam), banyak persimpangan tanpa lampu merah yang bikin bingung, cari parkir susah, lalu yang terutama lagi banyak kasus pecahin kaca mobil untuk ambil barang2 di dalamnya. Oke, jadilah mobil kami parkir di depan rumah host airbnb dengan kondisi dalam mobil kosong, tidak ada barang yang ditinggalkan di dalamnya.

Jalanan yang naik turun/curam dan rentan pemecahan kaca mobil

Artinya untuk menjelajah SF kami perlu menggunakan public transport. Untuk memudahkan, kami download Muni Mobile dan beli Muni Pass melalui apps itu. Untuk hari ini kami aktivasi 1 day pass (tanpa cable car) seharga USD.5/org. Besok baru aktivasi 1 day passport, ini yang sudah termasuk cable car, harganya USD.13/org.

Continue reading
Categories: 2020-2024, AMERICA, USA | Tags: , , , , , , , , , | 3 Comments

USA part 4 – Yosemite National Park (California) : 29-30 April 2022

Jumat, 29 April 2022

Hari ini kami mau mengunjungi Yosemite National Park (Bacanya Yosemiti/Yosemeti, bukan Yosemait/Yosemit). Yosemite ini lokasinya sangat luas. Harus bermalam sih di sini, kalo cuma lewat sayang banget karena ga bisa explore. Di Yosemite banyak sekali trail hiking, jadi kalo menginap semalam pun paling cuma bisa jalanin 1 jalur hiking (seperti kami). Pass masuk ke Yosemite ini USD.35 per mobil berlaku untuk 7 hari, sama seperti pass masuk Grand Canyon. Jadi mau cuma numpang lewat atau nginap 7 hari sama saja harganya.

Catatan : Untuk masuk Yosemite saat summer (20 May-30 September) harus booking dahulu ya. Ini aturan baru memang. Jadi ada pembatasan jumlah kendaraan yg masuk supaya ga terlalu penuh. Info lengkapnya silakan lihat di website https://www.nps.gov/yose/index.htm atau IG: yosemitenps

Pintu masuk Yosemite ini banyak, kami masuk melalui South Gate Entrance dari HWY 41. Kalo berangkat dari LA lebih dekat masuk lewat Pintu Selatan ini. Nanti kami akan keluar lewat Arch Rock Entrance menuju ke HWY 140, karena ini lebih dekat ke tempat menginap kami di El Portal dan juga ke San Francisco, kota tujuan kami selanjutnya.

Dalam perjalanan (melalui chat wa), teman Diana yang di San Francisco (Mr. Sutan) merekomendasikan satu tempat menarik yang tidak ada dalam itinerary kami, yaitu pabrik kismis merk Sun-Maid. Wah, ternyata kismis ini asalnya dari California dan lokasi pabriknya ada di antara LA dan Yosemite. Sun-Maid ini sudah ada sejak tahun 1912 dan produknya juga sudah dijual lama di Indonesia. Mamanya Diana kebetulan penggemar kismis Sun-Maid ini, cocok deh !

Pabrik Kismis Sun-Maid
Continue reading
Categories: 2020-2024, AMERICA, USA | Tags: , , , , , , , , , , , | 3 Comments

USA part 3 – Arizona, Downtown Las Vegas & Disney Los Angeles : 27-28 April 2022

Rabu, 27 April 2022 (Horseshoe Bend, Antelope Canyon X, Downtown Las Vegas)

Karena semalam sampai sudah gelap, jadi baru bisa lihat jelas dan foto2 penginapan kami di pagi hari ini. Seperti biasa, ranjangnya double queen bed yang bisa untuk 4 orang.

Rodeway Inn at Lake Powell, Page

Di Rodeway Inn, harga menginap sudah termasuk breakfast. Breakfastnya model buffet, tapi simple. Mirip seperti saat kami menginap di Dover Castle Hostel London (2019). Makanan, minuman serta peralatannya diletakkan di meja2 yang ada di area lobby. Semua self-service. Ada kopi, teh, minuman coklat, yoghurt, roti, muffin, cereal, buah cocktail kalengan, dan waffle. Untuk waffle mesti buat sendiri, ada adonan, mesin dan petunjuk pembuatannya. Sangat mudah ternyata, Jeff yang bikin waffle nya nih. Hore… Jadi ! Bisa dikasi mapple syrup atau kasi buah cocktail di atasnya.

Continue reading
Categories: 2020-2024, AMERICA, USA | Tags: , , , , , , , , , , , , | 1 Comment

USA part 2 – Las Vegas (Nevada) & Grand Canyon (Arizona) : 25-26 April 2022

Senin, 25 April 2022 (Las Vegas Strip)

Perjalanan ke Las Vegas ditempuh dalam waktu 4 jam 40 menit, padahal harusnya 3-4 jam sudah bisa sampai. Nah ini sudah jelas bahwa kami harus alokasi waktu lebih panjang daripada yang ditampilkan di google maps. Kami ‘buang’ waktu karena isi bensin untuk pertama kali di Boulder City yang ternyata menyimpang jauh dari highway. Kedua, kami istirahat buat makan siang di rest area dan sekalian cari toilet. Kali ini kami makan mie instan yang dibawa dari Indonesia, untuk air panasnya kami ambil dari thermos yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Inilah awal kami menyetir di USA. Jeff menyetir duluan karena masih segar dan sudah belajar duluan soal nyetir dari kemarin di LA. Namun karena perjalanan cukup jauh, di tengah jalan, kami gantian nyetir supaya Diana juga membiasakan diri bawa mobil ini. Jalanannya lurus, mulus dan sepi, gampang biking ngantuk memang.

Perjalanan ke Las Vegas

Sepanjang jalan kering kerontang, gersang, maklum memang ini perjalanan ke arah gurun. Walau begitu kami menikmati perjalanan ini karena eksotis ya menurut kami, punya daya tarik sendiri aja. Bahkan ada tempat namanya Death Valley, dimana suhunya sangat esktrim di sini. Panasnya bisa mencapai 54 derajat celcius loh. Wuih… lumer kali ya kita, haha.. Tadinya kami mau mampir, sayangnya saat bulan April-May itu masih ditutup karena saljunya belum selesai dibersihkan. Jadi baru dibuka saat summer.

Continue reading
Categories: 2020-2024, AMERICA, USA | Tags: , , , , , , , , | Leave a comment

Blog at WordPress.com.