Advertisements

The Valley Resort Hotel, Bandung : 28-29 Juni 2014

Prolog

Karena Jeff sekarang sudah pindah kerja dan di perusahaan yang sekarang meliburkan karyawan di hari Sabtu, maka kami memanfaatkan libur weekend. Senang banget rasanya bisa menikmati weekend, karena sejak kami menikah (10 tahun yang lalu), Jeff selalu masuk bekerja di hari Sabtu. Kali ini kami ingin merasakan menginap di hotel kawasan Bandung.

Kami mau berlibur bersama dengan tante nya Jeff, namanya Ms. Junni. Kebetulan hari ulang tahunnya jatuh pada hari Minggu tgl.29 Juni. Jadilah kami booking The Valley Hotel tgl 28-29 Juni 2014 lewat bookpanorama.com. Kenapa memilih hotel ini ? Karena berada di kawasan Dago atas, sejuk, bisa lihat view kota Bandung yang cantik dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandung. Dulu saat pacaran, kami suka ke tempat ini, makan di café nya. View nya saat malam hari cantik banget. Nah, ternyata sejak 2001 mereka membuat hotelnya juga. Makanya kali ini kami mau coba stay semalam.   

============================================================================

Day 1

Pagi-pagi kami berangkat menuju Bandung. Jalanan lumayan sepi, bagus deh.. jadi 2,5 jam kemudian kami sudah tiba di Bandung. Jemput Ms.Junni dan langsung menuju Dago atas. Sebelum masuk hotel, kami mau mampir dulu ke tempat makan di area sana yang namanya WaLe (Warung Lela). Tempat makan ini cukup terkenal dan masuk buku wisata kuliner Bandung, tapi kami belum pernah coba. Arahnya hampir sama dengan The Valley, tapi terus lagi yang menuju Rancakendal.

Warung Lela

Warung Lela

Jalanan nya memang agak berliku2 masuk jalan kecil tapi akhirnya sampai juga.  Tidak ada papan namanya loh, jadi ya.. tebak sajalah. Jangan bayangkan warung seperti warteg gitu yah. Walau namanya warung, tapi tempatnya seperti cafe dengan suasana yang hommy. Rimbun sekali di sini, asri, adem, nyaman banget deh.

Ada 2 lokasi WaLe, sebelah kiri jalan (sebelah bawah) mengarah ke pemandangan kota Bandung dan sebelah kanan jalan (sebelah atas) yang lebih luas. Kami memilih yang ada view Bandungnya.

Makanan nya simple, berbagai mie, yamien, yahun dan ada juga nasi tim dan sop buntut. Yamien nya enak dan harganya oke. Mantap ! Bisa jadi pilihan buat makan di area Dago atas dengan nuansa non-western dan serasa makan di rumah jaman dulu. Kadang bosan kan makan steak melulu di area sini.

Setelah selesai bersantap, kami pun lanjut ke tujuan, yaitu The Valley. Tiba di hotel sekitar pukul 12 siang, check-in, dan petugas pun memberikan voucher untuk breakfast besok pagi, voucher 50 ribu bermain di adventure park dan voucher 100 bola golf untuk main di driving range. Sayang, kamarnya belum siap-masih dibersihkan, jadi sambil menunggu kami putuskan untuk menggunakan dahulu voucher bermainnya.

Air soft gun

Air soft gun

Dari area lobby ke area permainan kami diantar menggunakan mobil khusus. Mobil ini bolak balik area golf dan lobby hotel. Jaraknya sih tidak begitu jauh, tapi jalannya curam. Seru juga nih naik mobil ini dan meluncur ke bawah sambil belok-belok curam, serasa off road. Jangan lupa pake seat belt yah !

Sampai di bawah, kami mengarah ke adventure park dulu. Ada mainan apa saja sih di sini ? Wow.. ternyata sangat lengkap. Mainan anak sampai dewasa semua ada. Dari yang mobil2an, ATV, berkuda, segway, sampai trampoline bungy jumping dan menembak juga ada. Di area lain bahkan ada flying fox dan wall climbing. Buset deh, walau areanya kecil tapi variasi mainannya luar biasa !

Kami punya voucher 50 ribu nih, bisa untuk main apa ya ? Setelah tanya2, kami pun memutuskan untuk main menembak saja. Dengan voucher itu kami mendapatkan 2 selongsong peluru atau kira2 40 butir peluru. Pistolnya sungguhan, ada yang pendek dan ada yang laras panjang. Jeff pilih yang pendek. Tapi pelurunya bukan sungguhan kok, cuma bola plastik.

Wah, berat juga yah ternyata pistol begini. Kami ber-3 pun gantian mencoba air soft gun ini. Diajarin juga sama petugas di situ bagaimana cara menembak sasaran dengan benar. Wah, bahkan tante pun beraksi dengan pistolnya. Ternyata memang harus latihan, setelah beberapa kali menembak, akhirnya kami bisa juga menjatuhkan sasaran2 yang ada. Diana pun sangat menikmati permainan air soft gun ini. Jadi, permainan ini bukan hanya untuk pria dewasa saja loh, catat ! Hehe..

Belajar main golf

Belajar main golf

Setelah kehabisan peluru, kami pun pindah ke area golf. Ada 2 lantai tempat pengunjung bisa latihan memukul bola. Lantai atas untuk pemula dan lantai bawah yang sudah lebih jago. Kami pun dengan rela hati naik ke atas, mengakui kami ber-3 ga ada yang pernah main golf, hihi…

Dengan voucher dari hotel, kami diberikan 100 bola untuk dibuang ke lapangan hijau di depan kami. Stik golf juga dipinjamkan. Plus training singkat tentang bagaimana memegang stik golf dan bagaimana cara memukul bola golf.

Kali ini kami lebih banyak tertawa daripada memukul bola golf. Iyalah.. wong keliatan banget ancurnya. Haha.. kadang bola nya ga kepukul, kadang kepukul tapi yang mukul bingung ga tau bolanya meluncur kemana. Untung aja ga ada kejadian stik golfnya yang terbang ke lapangan, haha..

Ternyata tidak mudah juga ya main golf. Harus fokus, melatih koordinasi antara mata dan gerakan tangan dan harus bertenaga ! Setelah latihan beberapa kali, capek juga loh mukul bola ini. Kadang melenceng, kadang pas, yah.. ga papa deh, namanya juga pemula. Jadi baru ngerti kenapa dipisah antara pemula dan yang sudah jago, biar yang pemula ga malu, haha..

100 bola golf ternyata banyak juga loh, padahal sudah dibagi 3 pemain. Setelah lelah bermain dan tertawa, kami pun kembali naik ke lobby menggunakan mobil The Valley yang sudah ready. Tiba di lobby, tunggu sebentar dan kami pun bisa masuk kamar.  Kamar kami di Cemara 304. Tipe kamar paling standard, tetapi sudah memiliki balkon untuk melihat view kota Bandung. Cantik ! Bahkan menurut kami sih view paling cantik ya dari kamar kami ini, paling atas soalnya dibanding kamar2 yang lain.

Our Room

Our Room

Kamarnya sendiri sangat menarik. Desain gaya jawa, penuh kayu dan ukiran. Kamar mandi dengan batu alam dan berbagai hiasan kodok 🙂 Sangat artistik dan tradisional sekali. Ada AC nya loh di kamar. Buat kami sih tidak berguna, karena jika pintu balkon dibuka udaranya sangat segar. Setelah beristirahat sejenak di kamar, kami pun naik ke area gazebo tempat manikmati snack sore. Lokasinya tepat di atas kamar kami.

Free Afternoon Snack

Free Afternoon Snack

Area gazebo ini pada sore hari jadi ramai karena pengunjung hotel bisa menikmati free snack di sini. Free snack ini hanya ada setiap sabtu sore. Bahkan tidak di-informasikan loh saat kami check-in. Jangan2 tidak setiap tamu tau nih.. Soalnya yang datang ga terlalu banyak menurut kami dibanding keseluruhan tamu hotel.

Ternyata snack yang disediakan tidak main2. Selain Bajigur dan Bandrek (2 minuman khas Sunda), tersedia kacang rebus, pisang goreng, misro, combro, sampeu/singkong, serabi gula jawa, dan serabi oncom. Semuanya bisa diambil dengan bebas.. all you can eat & drink !

Snack ini disediakan mulai jam 4 sore sampai semua makanan habis. Cara menggoreng nya pun sedikit2, jadi seperti kami yang datang jam 5 sore tetap masih kebagian pisang goreng yang hangat. Bravo for the services ! Kami ber-3 makan dengan cukup banyak karena memang enak loh makan snack sore2 begini, udara sejuk, sambil memandang view kota Bandung.

Dari sore hingga gelap, lampu2 hias mulai menyala, tapi ternyata minuman dan makanan masih tersedia. Luar biasa. Kami sudah kenyang dan harus bergegas pergi karena mau menikmati dinner di luar hotel. Iya, kan besok pagi bakal breakfast di hotel, jadi malam ini mau cari suasana yang beda.

Tempat dinner kami kali ini tidak jauh dari The Valley, yaitu Sierra. Tempat ini juga biasanya menjadi favorit, karena pemandangan indah yang mirip dengan The Valley dan makanan yang enak dengan harga terjangkau. Kalau dibandingkan, pemandangan dan suasana dari resto The Valley memang lebih cantik daripada Sierra. Jika hujan pun, The Valley memiliki tenda yang menutupi sehingga tidak masalah. Sedangkan Sierra memiliki balkon dan teras yang lebih terbuka, tanpa tenda penutup. Selain itu harga makanan di The Valley jauh lebih mahal daripada Sierra. Jadi, silakan dipilih saja mana yang dianggap cocok.

Kami pilih dinner di Sierra karena kami mau memanfaatkan voucher sodexo yang kami miliki cukup banyak sebagai hadiah reward dari kartu kredit HSBC. Lalu kualitas makanan pasti oke karena satu grup dengan Tomodachi, resto steak yang cukup beken di Bandung serta harga yang cocok buat kami (tidak semahal The Valley). Bersyukur udara cerah dan tidak hujan, dingin nya juga pas untuk menikmati dinner kami kali ini.

Aktivitas malam hari

Aktivitas malam hari

Setelah kekenyangan akibat snack sore dan dinner, kami pun memutuskan untuk membakar lemak di perut kami 🙂 Pulang ke The Valley, kami menuju fitness center. Mau nge-gym dulu aah..

Setelah mencoba berbagai mesin kebugaran yang tersedia, kami pun tertarik mencoba bermain billiard. Hm.. diantara kami ber-3 hanya Jeff yang pernah bermain billiard. Itu pun hanya main2 dan sudah lama. Ayoo… kita coba saja !

Alhasil yang terjadi adalah 3 orang yang nekad menyodok2 bola dengan berbagai gaya, kayak nyodok tikus pakai galah, haha.. kadang kena kadang tidak. Hasilnya bola pun melompat ke sana kemari, bola putih berulang kali masuk lubang bahkan loncat keluar meja, aturan bermain billiard pun tidak jelas. Ga papa lah.. yang penting kita senang2.

Hasil akhir : 2 wanita ini ketagihan main bilyar dan karena kesulitan memasukkan bola2 bilyar, maka sampai bermain lebih dari 1 jam juga belum selesai2. Haha..

Tidak terasa sudah jam 11 malam. Kami harus memaksa diri untuk berhenti bermain, lalu menuju kamar. Malam ini kami menikmati lampu2 di kejauhan dari balkon kamar kami. Cantik ! Tidak terasa sudah hampir jam 12 malam, kami pun siap2 tidur. Tante sudah tidur terlebih dahulu, sedangkan Jeff & Diana menunggu sebentar hingga jam 12 tepat, lalu membangunkan tante dan mengucapkan selamat ulang tahun. Yeaaaay…. Happy Birthday our dearest auntie Junni ! Kami pun berdoa bersama dan setelah itu barulah kami semua tidur dengan lelap.

Day 2

Pagi hari, matahari bersinar walau agak terhalang awan. Suasana cukup cerah, jadi kami putuskan untuk segera menuju fitness centre. Menyenangkan sekali berolahraga pagi hari sambil melihat pemandangan yang asri di depan mata.

Good Morning !

Good Morning !

Untuk kali ini, kami tidak mencoba kolam renang, jacuzzi dan sauna karena tidak membawa kostum yang pas 🙂 Setelah berolahraga, kami mampir sebentar melihat ruang karaoke. Hm.. oke sih, cuma kali ini skip dulu deh. Kita lanjut saja dengan breakfast.

Breakfast yang tersedia cukup lengkap. Tersedia cereal, bubur, laksa, nasi goreng, nasi uduk, spaghetti, lauk, … hingga buah dan kue2. Oke lah untuk membuat perut ini kembali kekenyangan.

Enjoy !

Enjoy the resort…

Jam 10 kami pun memulai eksplorasi di resort ini. Ternyata memang resort ini memiliki banyak hiburan. Selain tamannya yang tertata asri, terdapat juga berbagai binatang yang dipelihara dengan baik. Ada kolam ikan, sangkar yang berisi burung, ayam, kalkun, merak, kelinci, dsb. Wah.. seperti kebun binatang mini. Menarik sekali ! Ada taman bermain anak yang gratis, trampoline anak dan ada ayunan juga yang bisa dipakai untuk bersantai. Asyiiik…

v11

Memang untuk menikmati resort ini, pengunjung harus punya stamina dan kaki yang oke. Karena jalanannya penuh tangga naik/turun. Maklum lah, resort ini adanya di lembah, jadinya yah berkontur naik/turun, tidak datar. Hampir di setiap pojokan ada kursi bersantai, toilet dan air mancur, sehingga selalu ada gemericik air dan tanaman yang asri untuk dinikmati.

Lift kaca yang kereeen..

Lift kaca yang kereeen..

Nah, satu fasilitas yang sangat menarik dan membuat kami terkagum2 adalah yang ini. Disebutnya sih lift biasa. Tapi jalannya bukan naik turun secara vertikal seperti lift biasa, melainkan melalui rel yang miring 45 derajat. Lalu seluruh dindingnya terbuat dari kaca.

Wow.. melihat lift ini kami langsung teringat cable car yang ada di Bern, Swiss. Silakan lihat fotonya di trip kami yang lalu: Europe trip part 5. Mirip sekali. Wah, rasanya bangga deh di Bandung ternyata ada cable car seperti ini. Keren abis !! Bagi pengunjung yang datang ke The Valley, harus merasakan lift ini ya.. jangan mau rugi !

Sayangnya fasilitas ini hanya bisa digunakan oleh penghuni kamar tipe caravan dan residence. Mereka punya card khusus yang bisa membuka pintu lift ini. Jadi lift ini berguna untuk mengantarkan mereka dari tempat parkir hingga ke area kamar mereka yang agak ke bawah.

Untuk kami yang stay di kamar hotel dekat cafe, tidak punya card untuk lift ini. Hmm.. sayang.. tapi tidak hilang akal, kami pun bertanya pada satpam yang berjaga di dekat situ. Apakah kami bisa menggunakan lift ini ? Dengan baiknya sang satpam berkata : “bisa dibantu”. Ahaaa… terima kasih pak.. dia pun membukakan pintu lift dan kami pun bisa menikmatinya. Cihuy !!

v10

Untuk menuju adventure park, tempat kami bermain kemaren siang, kami memilih jalan kaki saja. Toh jalannya menurun. Turun tangga saja, asal hati2 sih oke kok. Eitss… ada sekelompok kelinci lagi nih di tepian tangga.. lucunyaaa…

Oke, sudah sampai di tempat bermain. Jadi kali ini mau main apa lagi ? Karena voucher sudah terpakai, artinya kami harus membayar tambahan untuk permainan kali ini. Ga papa lah, ga mahal juga kok. Yang berulang tahun pun memilih main golf lagi. Haha.. ternyata tante kita ini ketagihan main golf 😛 Ayo deh.. 100 bola lagi. Hajar !

Moment2 terakhir

Moment2 terakhir

Setelah puas, kami pun harus kembali naik ke area hotel di atas. Kali ini kami naik mobil ya.. Sampai di atas, kami pun kembali bersantai di area gazebo, tempat ada snack kemarin sore. Menikmati saat-saat terakhir sebelum kami check-out nih. Apalagi kami memang belum pernah pergi menginap ber-3 seperti ini. Moment berharga yang sangat membahagiakan dan kami syukuri.

Great place for recreation with your family :)

Great place for recreation with your family 🙂

Akhirnya sudah saatnya harus pulang. Setelah menghabiskan waktu semalam di tempat ini, rasanya liburan kali ini betul2 perfect. Bukan cuma hotel untuk menginap, tetapi betul2 resort untuk kabur sejenak dari rutinitas. Ada suasana yang asri dan pemandangan cantik untuk refreshing. Ada makanan yang berlimpah dan enak2. Ada tempat bermain untuk rekreasi bagi semua umur, dari anak2, dewasa, bahkan yang sudah paruh baya. Semuanya bisa terhibur. Mantap !

Epilog

Liburan kali ini memanfaatkan waktu week-end yang sempit, tapi ternyata bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa banyak. The Valley sangat direkomendasikan buat keluarga yang ingin bersantai dan mencari rekreasi bersama. Banyak fasilitas yang bisa membangun kebersamaan di antara anggota keluarga. Dari usia kanak-kanak hingga usia lanjut, tetapi untuk sesepuh yang sudah sulit naik turun tangga, tempat ini tidak direkomendasikan yah.

Ternyata liburan yang seru tidak harus jauh2 kok, yang penting bisa merasakannya bersama orang-orang yang dicintai, pasti menyenangkan !!

 

 

Advertisements
Categories: 2004-2014, ASIA, INDONESIA, Java | Tags: , , , , , | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “The Valley Resort Hotel, Bandung : 28-29 Juni 2014

  1. Yohana Budisusetia

    Wah saya blum pernah nginap dsana bu,.. baru pernah makan di the valley… next mau coba ah.. makasii recommendnyaa bu Diana ^_^ senang de baca review2 dr ibu,.. hehehe bikin pgn mengunjungi smwa tempat.. hahah

    • Sip.. sip.. ayo.. saya memang lagi menularkan virus kebahagiaan melalui keindahan alam ciptaan Tuhan yang ada di sekitar kita 😛

  2. amanda elena

    Saya pernah nginap dihotel ini beberapa tahun yg lalu. Skrg dah banyak fasilitas-fasilitas baru ya. Hehe.. dulu wkt saya kesana cuma ada kolam renang, kolam ikan, kebun binatang mini dan free snack tapi terbalaskan dgn pemandangan kota bandung yg indah dan sejuk dimalam hari. 🙂

    • Iya, sekarang sih lengkap banget ya utk ukuran hotel resort di Bandung menurut saya. Ga sedingin di Lembang, tapi menurut saya malah oke 🙂

We love your feedback !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: