Advertisements

Perpanjang SIM di Hari Minggu (2015)

Prolog

Sesuai judul, untuk kami pekerja yang lumayan sibuk di hari kerja, termasuk hari Sabtu, ketika harus perpanjang SIM (Surat ijin Mengemudi) inginnya sih yang buka hari Minggu. Maklum konon katanya urusan SIM ini bisa memakan waktu 1-3 jam. Kalo Minggu kan enak, santai, ga terburu-buru.

Sayangnya setelah cari-cari info di internet, kok susah banget ya dapat info lokasi perpanjang SIM yang buka hari Minggu dan ga terlalu jauh dari lokasi kami di Serpong. Dapat infonya malah yang buka hari Minggu itu di BTC Bandung, alamaaak… 

===========================================================================

Akhirnya dapatlah info bahwa untuk hari Minggu bisa ke layanan SIM keliling di Giant Jatiuwung, Tangerang dan juga di Blok M Square. Kami putuskan pergi ke Giant, karena lokasi lebih dekat. Sampai di sana, satpam menyatakan bahwa mobil sim keliling nya rusak, jadi hari ini tidak beroperasi. Walah ! Mau coba lagi hari Minggu depan udah pas-pas-an sama masa habis berlaku SIM.

Mau ke Blok M Square kok kayanya jauh banget ya. Agak males nih. Jadi setelah mikir2, ya sudahlah mending ngurus hari kerja aja di Mal Taman Palem Cengkareng. Lima tahun yang lalu juga ngurus di situ sih hari kerja, lumayan sih tempatnya dan pelayanan nya. Tapi karena sudah 5 tahun lalu, jadi kami coba survey tempatnya lagi. Biar pas hari kerja dan lalu lintas kembali semrawut, ga ditambah nyasar.

Jadilah kami langsung pergi ke Mal Taman Palem untuk survey lokasi. Sampai di sana, kondisi kantor Samsat nya gelap, ga ada orang, tapi kok pintunya terbuka ya ? Coba2 intip ke dalam, loh.. ada tulisan “BUKA” di bagian dalam. Kami teruskan saja masuk ke dalam, eh.. di situ ada bapak petugasnya. Kami tanya, “ini layanan sim buka hari Minggu ?” Dijawab dengan santai : “dari 7 tahun yang lalu juga buka kok hari Minggu.”

Astaga… ternyata hari Minggu buka toh. Mana ada yang tau yah, wong ga ada publikasi di internet. Bahkan di pintu kaca depan saja tidak ada tulisan waktu buka-nya. Walau ternyata pas kami pulang dan memperhatikan setiap kertas tempelan di kaca, ada juga satu kertas kecil (banget) yang bertulisan bahwa layanan SIM tetap buka di hari Minggu. Itu aja. Ampun dah ! Menurut bapak petugas, tutupnya pk.11.30 WIB – jadi jangan datang kesiangan yah.

Langsung lah kami dengan gembira perpanjang SIM. Mulai dari menyerahkan SIM lama, 1 lembar fotocopy KTP dan eits… sudah ? Ga pake isi formulir biodata seperti yang dituliskan orang-orang di internet ? Ternyata engga tuh. Mungkin saking sepinya dan nganggurnya petugas itu, jadinya dia yang isi-in. Wong ga ada orang sama sekali di kantor SAMSAT itu kecuali 1 petugas pendaftaran, 1 petugas di tempat foto dan kami berdua.

Habis itu langsung foto, ambil sidik jari, dan taraaa…. SIM baru pun jadi. Biayanya Rp.150.000,- tanpa tanda terima. Proses hanya 5 menit saja, tanpa antri dan tanpa lalu lintas yang semrawut. Kata bapak petugas foto, kalau hari Minggu selalu sepi. Sedangkan kalo hari Sabtu antrinya saja bisa 2 jam. Wah, beda jauh banget !

Jadi kami menuliskan ini untuk menambah informasi di internet mengenai perpanjangan SIM di hari Minggu. Jika SIM keliling ada resiko mobil rusah seperti yang kami alami. Kalau mau aman, ya ke Mal Taman Palem saja, sepi banget dan bisa sekalian belanja juga kan, hehe.. Lokasinya memang agak tersembunyi (di dalam gedung parkiran dan bukan di dalam mal), tapi tanya satpam saja, pasti dikasi tau kok.

Kami perpanjang SIM A, dan harusnya layanan SIM keliling maupun di Mal Taman Palem bisa juga untuk perpanjang SIM C. Di luar itu kami ga tau yah 🙂 Lalu karena perpanjang SIM sudah sistem online, maka SIM terbitan daerah mana pun (asal di negara Indonesia) maka bisa diperpanjang di SAMSAT Mal Taman Palem ini. Sangat praktis !

=========================================================================

Epilog

Untuk pecinta traveling seperti kami, SIM sangat dibutuhkan untuk memperlancar jalan-jalan menggunakan transportasi pribadi. Lalu jika bisa diperpanjang di hari Minggu, apalagi cuma proses 5 menit, tentunya sangat efisien. Tidak perlu membuang ijin kantor yang lebih baik digunakan untuk kepentingan lain seperti perpanjang paspor ,yang tidak bisa dilakukan di hari Minggu.

Semoga informasi ini bermanfaat ya !

Advertisements
Categories: 2015-2019, Dokumen : Passport & Visa, Other | Tags: , , | 6 Comments

Post navigation

6 thoughts on “Perpanjang SIM di Hari Minggu (2015)

  1. Angeline

    Wah thanks infonya ya.
    Pas saya juga butuh ini daripada cuti kerja untuk urus SIM.
    Semoga besok pun masih buka y krn info kamu dari 2015.

    Thanks ya sharingnya.

  2. artikel menarik
    jadi tahu tempat sim sekarang
    terima kasih ya

  3. Fito

    SIM A kaLo matinya uda Lebih setahun masih bisa perpanjang gak ya.. ^^,

  4. Yudi

    wah, kemaren ini saya baca dimana gitu, biaya perpanjang SIM seharusnya cuma Rp. 85.000. Selama ini sih di mobil keliling saya perpanjang Rp. 100.000. Apa sekarang naik ya?

    • Biaya resmi kalo dari peraturan pemerintah setau saya 80 ribu. Tapi prakteknya di lapangan sih 150 ribu, kurang paham detilnya. Saya baca2 di blog orang sih memang 150 ribu. Yang 100 ribu itu kapan ya ? Kalo memang bisa segitu ya bagus dong.

We love your feedback !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: