Advertisements

Mengurus Visa Canada Online (2018)

Kami punya rencana untuk mengunjungi tempat yang katanya paling indah sedunia, yaitu Rocky Mountain di Canada. Untuk membuktikannya dan pergi ke Canada, tentu harus apply visa dulu nih. Ada 2 cara yang bisa dilakukan :

  1. Secara Manual : Kita pergi ke VFS terdekat lalu membawa semua dokumen persyaratan. Masalahnya semua dokumen tersedia secara online. Jadi tetap saja harus buka aplikasi online nya untuk download formulir dan melakukan pembayaran secara online. Jika tidak mau seperti ini, pilihannya ya bisa melalui agent perjalanan.
  2. Secara Online : Kita mengisi aplikasi secara online dan submit semua dokumen dalam file digital. Jika permohonan diterima, kita baru ke VFS untuk menyerahkan paspor asli.

Kami pilih secara online saja lah. Bisa isi di rumah, persiapan pun lebih matang. Kami share caranya ya :

a. Buka https://www.canada.ca/en/immigration-refugees-citizenship/services/application/account.html

b. Buat GC Key, yaitu username dan password untuk akses web aplikasi kita.

c. Persyaratan yang mesti diupload adalah :

  • Form Aplikasi Visitor Visa (IMM5257) : setelah download, diisi, jangan lupa divalidasi baru upload
  • Family Information Form (IMM5707) : setelah download, diisi, jangan lupa divalidasi baru upload
  • Travel History : scan paspor lama yang ada cap dan visa
  • Passport : scan paspor saat ini yang ada cap dan visa
  • Family Member Representative for Online Application (IMM5713) : jika pengajuan online lebih dari 1 orang dengan GC key yang sama. Dalam hal ini yang membuat account adalah Jeff. Diana sebagai anggota keluarga yang ikut serta. Nanti persyaratan yang harus diupload Diana tidak sebanyak Jeff, karena dianggap sudah diwakili Jeff.
  • Marriage License : scan akta nikah
  • Proof of means of Financial Support : scan tabungan 3-4 bulan terakhir, surat keterangan kerja
  • Digital Photo : pas photo ukuran 3,5 cm x 4,5 cm, minta saja dibuatkan file digitalnya oleh studio foto
  • Purpose of Travel : travel itinerary berisi bukti tiket, akomodasi dan rencana perjalanan

Setiap bagian permintaan dokumen hanya bisa memuat 1 file saja, berupa word/pdf/jpg. Jadi jika mau melampirkan beberapa file memang harus ada usaha lebih. Berikut yang kami lakukan :

  • Untuk scan halaman paspor, kami letakkan di word. Jadi 1 halaman word berisi 1-2 halaman paspor. Ditambahkan keterangan dengan ketikan itu cap/visa negara mana. Lalu setelah semuanya beres, dibuat 1 format pdf.
  • Untuk bukti keuangan, kami gabungkan semua file menggunakan Nitro menjadi 1 format pdf. Karena ada bukti e-statement bca yang sudah berupa pdf, sedangkan tabungan lain dan keterangan kerja menggunakan scan.
  • Untuk travel itinerary, kami letakkan semua foto bukti tiket dan akomodasi di halaman word, ditambahkan ketikan itinerary (hari pertama kemana, dst) kemudian dibuat 1 format pdf.

Setelah semua dokumen diupload, maka secara otomatis akan diminta pembayaran secara online menggunakan kartu kredit. Biayanya CAD.100 per orang.

Kami membayar dan submit aplikasi hari Minggu malam. Ternyata hari Senin sudah dapat pemberitahuan by email bahwa aplikasi sudah diproses dan hari Selasa dapat pemberitahuan by email bahwa aplikasi sudah disetujui. Luar biasa cepat ya. Nah, proses selanjutnya adalah kami perlu printing lembar yang ada barcode nya. Ada di halaman web aplikasi kami. Linknya juga dimuat di email pemberitahuan yang dikirimkan. Lembar tersebut dibawa bersamaan dengan paspor asli ke VFS pada hari kerja, paling lambat 30 hari sesudah visa disetujui.

Kami pernah ke VFS Global di Kuningan City Mall pada 2 tahun lalu saat mengurus Visa Schengen melalui Norway (2016). Nah, untuk Canada tempatnya sama, hanya saja untuk Visa Schengen berada di lantai 1, sedangkan untuk Visa UK-Canada-Australia berada di lantai 2.

Jadilah kami minggu depannya pergi ke VFS Canada pukul 9.30 pagi. Jam bukanya dari jam 9-16, tapi disarankan pagi hari karena lebih sepi. Betul saja, kami langsung dilayani. Tidak sampai 10 menit, kami sudah keluar dari VFS Canada. Hanya menyerahkan paspor, halaman barcode aplikasi online dan membayar biaya Rp.233.000 (tunai) per orang untuk jasa VFS.

Rabu kami serahkan, Jumat kami kembali mendapatkan email bahwa paspor sudah diserahkan dari kedutaan ke pihak VFS dan siap diambil. Keren bingits… super cepat.

Canada Visa – sengaja dibuat blur

Visa Canada berlaku mutiple dari sejak aplikasi disetujui hingga masa berlaku paspor habis. Untuk penyerahan dan pengambilan paspor di VFS, jika masih 1 keluarga bisa diwakili oleh salah satu anggota keluarga dengan membawa fotocopy Kartu Keluarga. Cukup mudah, tidak perlu pakai surat kuasa. Informasi lebih lengkap mengenai Visa Canada bisa dilihat pada http://www.vfsglobal.ca/canada/indonesia

Sekarang sudah siap deh jalan2 ke Canada… Asyiiik !

Trip kami di Canada bisa dibaca di https://pasangantraveling.com/category/america/canada/

 

Advertisements
Categories: 2004-2014, AMERICA, Canada, Dokumen : Passport, Visa, SIM | Tags: , | 59 Comments

Post navigation

59 thoughts on “Mengurus Visa Canada Online (2018)

Comment navigation

  1. Wiryani

    Mba Diana,

    Saya akan mengajukan visa Canada online bersama mama saya. Pertanyaan saya, untuk form “Family Member Representative for Online Application (IMM5713)”, apakah harus diprint dan ditanda tangan? Atau bisa langsung diupload saja seperti formulir-formulir yang lain? Lalu, untuk form “Family Information Form (IMM5707)”, ketika saya cari tidak ada pilihan validasi.

    Mohon bantuannya ya.

    • Untuk IMM 5713 betul diprint dulu, ditandatangan, lalu discan dan upload.
      Untuk IMM 5707 di bagian kiri ada untuk signature ga ? Cara validasi harusnya sama seperti form aplikasi visa utama IMM 5257.

  2. Amal

    Mbak mau tanya, saya mengajukan visa secara online dan sdh pernah biometrik karena pengajuan awalnya ditolak. Setelah di approve apakah paspor langsung kita bawa ke kedutaan atau tetap harus ke VFS ya?

    • Setau saya harusnya tetap ke VFS ya, karena semua prosesnya di situ. Saat ada email dari mereka harusnya juga dituliskan anda harus datang ke mana. Sukses ya

  3. utami

    Mbak Dina, saya mau mengajukan visa canada di singapore (WNI tapi punya PR singapore) pada waktu buat akun kan tidak di tanya mau di mana biomatrixnya/interviu tidak seperti visa amerika yang pada waktu buat akun ditanya diawal waktu mau isi form nah kalau visa canada ada pilihan interviu pas apa ya mbak, apakah selesai submit online atau gimana? terima kaish

    • Untuk visa canada waktu itu belum ada ketentuan untuk biometric jadi tidak buat jadwal. Hanya datang ke VFS untuk serahkan paspor, kapan saja boleh. Tapi info terbaru sekarang harus buat janji. Lebih baik cek langsung ke pihak VFS nya. Kalo di Singapore malah lebih ga tau lagi 😉

Comment navigation

We love your feedback !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: