Advertisements

Menyewa & Menyetir Mobil di Western Canada – British Colombia & Alberta (June 2018)

Amazing Road Trip

Untuk bisa menikmati alam cantik di Western Canada, tepatnya Canadian Rockies, maka pilihan kami adalah dengan menyetir mobil sendiri. Ini adalah pengalaman kami pertama kali menyewa mobil dan menyetir mobil di luar negeri. Ternyata sangat mudah loh. Berikut kami share beberapa poin penting jika ada yang mau melakukan road trip juga seperti kami.

Memiliki SIM Internasional

Untuk bisa menyetir di Canada, maka kita harus membuat SIM Internasional. Silakan baca pengalaman kami membuat SIM Internasional mengenai syarat dan proses pembuatan SIM Internasional. Jangan lupa membawa SIM Indonesia juga saat di luar negeri, jadi baik SIM nasional dan internasional semua dibawa.

Memilih Supplier Sewa mobil

Untuk mencari rental car, kami menggunakan situs skyscanner.com yang kemudian merujuk pada berbagai pilihan vendor. Vendor yang kami pilih adalah arguscarhire.com. Jadi vendor ini seperti pihak ke-3 yang bekerjasama dengan beberapa supplier penyewaan mobil. Supplier yang paling murah adalah Dollar dan Thrifty. Kedua supplier tersebut masih satu grup dengan Hertz, jadi tidak masalah pilih yang mana saja. Kami pilih Dollar. Pick-up di Seymour-Vancouver dan Drop off di Vancouver Airport.

Pick-up mobil

Dengan booking melalui vendor arguscarhire, harga sudah termasuk : one way fee (pick-up dan drop off di tempat berbeda biasanya dikenakan fee), breakdown assistance, unlimited mileage, CDW (Collision Damage Waiver), Theft waiver, dan Third party liability protection. Free cancelation juga loh. Jika booking langsung ke Dollar, biayanya sama namun belum termasuk hal2 di atas. Untuk mendapat harga murah, lakukan pemesanan jauh2 hari sebelumnya.

Kami pesan economy car (Chevrolet Spark/Aveo, Toyota Yaris, atau setara) untuk seminggu / 6 hari seharga CAD. 257.56. Harga ini sangat murah. Semua pilihan mobil dengan transmisi otomatis ya. Untuk rental hitungannya adalah harian dan mingguan. Coba dicek, biasanya sewa 1 minggu lebih murah daripada 5 hari. Kami ada bayar lagi untuk tambahan driver CAD.13.5/hari supaya Jeff dan Diana bisa sama2 nyetir bergantian. Selain itu juga kami upgrade asuransi CAD.12/hari supaya jika ada kejadian yang menggunakan asuransi/CDW, kami tidak perlu keluar uang resiko sendiri yang besarnya CAD.500.

Dalam perjanjian sewa mobil, tercantum bensin full to full. Jadi saat pick-up bensin dalam keadaan full dan nanti saat kembalikan mobil bensin juga dalam keadaan full. Biaya sewa mobil harus dibayar dengan kartu kredit atas nama driver utama. Tidak bisa cash atau debit. Lalu siapkan dana hingga CAD. 1,000 di kartu kredit sebagai deposit yang di’tahan’ oleh pihak rental sebagai jaminan. Walaupun pada kenyataannya, kami hanya ditahan CAD.200 oleh pihak rental.

Proses pengambilan mobil di Dollar Seymour sangat mudah dan cepat. Kami mendapatkan upgrade mobil, dari yang seharusnya type economy menjadi type midsize/intermediate, yaitu Toyota Corolla. Mobil tahun 2017, dalam kondisi baik dengan odometer 46.114 km. Wow banget deh. Mengembalikan mobil di Vancouver Airport juga sangat mudah. Hanya parkir di area basement airport yang ditentukan dan dicek oleh petugas sekitar 2 menit. Yang dicek adalah : body luar mobil, odometer, isi bensin dan apakah kita mengembalikan mobil tepat waktu atau terlambat (kena denda). Beres !  Over all, kami sangat puas dengan supplier Dollar ini !

Cek Kondisi Awal Mobil

Setelah beres administrasi, kita akan mendapatkan surat perjanjian dan 2 buah kunci mobil. Kemudian diinformasikan lokasi mobilnya di gedung parkir. Kita cari sendiri dan cek sendiri kondisi awal mobil. Silakan foto kondisi awal mobil sebagai pegangan kita. Jika ada yang penyok / rusak, segera laporkan kembali ke pihak rental.

Cek kondisi mobil

Yang perlu difoto/dicek :

  1. Body luar (apakah ada yang penyok atau cat tergores). Harusnya cukup jelas terlihat karena kondisi mobil sudah dicuci oleh pihak rental.
  2. Odometer awal apakah sama dengan yang ada di surat perjanjian.
  3. Buku manual di dalam laci mobil.
  4. Kondisi ban, letak dongkrak dan kunci ban.
  5. Lampu : kabin, sign, lampu dekat, lampu jauh, lampu rem
  6. Bensin : posisi tangki bensin, cara membuka tangki bensin, indikator bensin di panel mobil (apakah sudah full seperti di perjanjian).
  7. Fungsi AC, tombol penghangat kursi (biasanya ada), fungsi audio.
  8. Fungsi cruise control (untuk set kecepatan mobil agar kaki tidak perlu injak pedal gas namun mobil akan berjalan dalam kecepatan konstan).
  9. Kondisi mesin di bawah kap mesin mobil : Air wiper, oli, dsb.

Jika foto dengan menggunakan gadget, aktifkan ‘location’ agar ada data lebih detail mengenai waktu dan tempat kita foto mobil tersebut. Pengecekan mobil dilakukan sendiri dan tidak didampingi oleh orang rental car.

Aturan Mengemudi dan Berlalu Lintas

Pertama-tama, jangan lupa bahwa di Canada posisi setir ada di sebelah kiri dan menyetirlah di sebelah kanan jalan. Ini yang berlawanan dari Indonesia, tapi ternyata cukup mudah untuk beradaptasi dengan hal ini. Hanya beberapa kali saat mau nyalakan lampu sein terbiasa pakai tangan kanan, alhasil yang nyala malah wiper, hehe..

Di Canada, mobil menyalakan day light pada siang hari (kalo di Indonesia hal ini diberlakukan pada motor). Setting lampu mobil biasanya sudah berada di “auto”. Artinya pada saat terang seperti siang hari akan menyala lampu day light, sementara saat gelap/masuk terowongan/masuk basement otomatis akan menyala lampu besar. Enak deh, ga ribet.

Jika tiba di pertigaan atau perempatan TANPA traffic light

  • Mobil harus berhenti total dan harus melihat apakah ada pejalan kaki atau sepeda yang akan menyeberang. Pejalan kaki dan sepeda mendapatkan prioritas pertama. Bahkan ketika pejalan kaki ataupun sepeda masih terlihat agak jauh tapi mau menyeberang, mobil wajib berhenti total.
  • Jika ada 4 mobil dari 4 arah yang berbeda, maka yang boleh / bisa jalan pertama kali setelah keempat mobil tersebut berhenti adalah mobil yang pertama kali berhenti dari keempat mobil tersebut (agak sedikit membingungkan memang awalnya). Di Canada, pada umumnya para pengendara mobil lebih sopan dan memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada pengendara lain apalagi kalo tau pengendaranya adalah turis yang tidak terbiasa dengan peraturan lalu lintas di Canada.
  • Mobil yang “lurus” selalu dapat prioritas daripada yang mau belok.

Jika tiba di pertigaan atau perempatan DENGAN traffic light

  • Jika lampu kuning sudah mulai menyala, kurangi laju kendaraan hingga berhenti. Jangan coba2 tancap gas seperti di Indonesia. Malah di beberapa persimpangan di Vancouver, menjelang traffic light, ada lampu tambahan yang berwarna kuning berkedip2 yang menandakan bahwa traffic light akan segera berganti menjadi warna merah atau berhenti.
  • Mobil yang akan belok kiri di persimpangan, harus menunggu hingga mobil yang berjalan lurus dari arah berlawanan kosong/habis tanpa maju terlebih dahulu. Kadang jika kondisi ramai dan lama menunggu, lampu sudah berganti merah lagi.
  • Belok kanan langsung saat lampu merah adalah hak pengemudi. Boleh belok (jika tidak ada penyeberang jalan/pesepeda), boleh juga tetap berhenti. Mobil di belakangnya tidak boleh protes.
  • Sepanjang kami jalan2 di Canada, kami tidak pernah mendengar bunyi klakson mobil. Bahkan saat ada pejalan kaki yang menghalangi mobil, padahal jelas2 itu jalur mobil bukan pejalan kaki. Tetap tidak diklakson. Hanya pernah sekali klakson truk, itu pun karena dia sedang menanjak dan sulit mengerem sepertinya. Kami pun tidak pernah mengecek bunyi klakson mobil kami dari awal menyewa hingga mengembalikan 😉

Perhatikan sign di jalan

Jalan Bebas Hambatan / Highway

  • Highway yang kami lalui sepanjang rute Vancouver hingga ke Banff dan ke Jasper semuanya gratis. Jadi seperti jalan arteri biasa saja. Sepanjang jalan, kita bisa berhenti baik di rest area pinggir jalan maupun masuk kota persinggahan yang ada. Petunjuk jalan cukup jelas.
  • Yang bisa melintas di Highway : mobil pribadi, truk, sepeda motor besar dan bahkan sepeda (melintas di bahu tol). Jika ada sign bergambar binatang hati2 ya. Terkadang ada binatang yang juga melintas di highway, jangan sampai tertabrak.
  • Mobil yang berjalan lebih lambat, harus berada di lajur paling kanan. Jumlah lajur di dalam highway bisa berubah2 antara 1 hingga 4 lajur tergantung kondisi geografis jalan. Jika hanya satu lajur, sabarlah dalam antrian. Menyalip dari lajur yang jumlahnya hanya satu sangat berbahaya.
  • Kecepatan antara 80 km/jam hingga maksimum 120 km/jam. Ada banyak sign terkait hal ini dan sebaiknya diikuti saja walaupun banyak sekali mobilnya yang kecepatannya melebihi batas maksimal. Mendekati area construction / perbaikan jalan, ikuti maksimum kecepatan mobil yang diijinkan. Jika dilanggar, maka ada denda yang nilainya 2 kali lipat dari biasanya. Di beberapa area, ada juga mesin pengukur kecepatan di pinggir jalan, yang akan memunculkan angka kecepatan mobil kita saat melintas.

 

Cara Pengisian Bensin

Semua pompa bensin (gas station) tidak dilayani oleh petugas, jadi kita harus self-service. Selain itu juga berlaku sistem pre-payment. Artinya kita harus memiliki dulu dana yang cukup di kartu kredit (bayar dulu), baru bisa mengisi bensin. Jika mau membayar cash jadi lebih ribet karena kita harus masuk dulu ke toko dan bayar ke kasir, baru isi bensin di luar dan jika ada kelebihan uang harus ambil lagi ke kasir.

Mengisi bensin self service

Mengoperasikan Mesin Pompa Bensin

  1. Masukkan kartu kredit dalam slot yang ada.
  2. Nanti ada pilihan harga/value (bukan liter) berapa yang akan kita isi. Dipilih saja sesuai kebutuhan. Bisa juga pilih masukan sendiri nominalnya. Kami biasanya pilih/isi CAD.50 (untuk setengah tangki dan biasanya akan full sebelum CAD.50). Jadi jika ternyata setelah terisi CAD.50 tangki belum penuh, pompa akan berhenti. Tapi jika sebelum CAD.50 tangki sudah penuh, maka pompa juga akan berhenti dan kartu kredit akan dipotong hanya sejumlah yang aktual, bukan CAD.50 yang kita masukkan di awal. Itu yang jika cash harus minta balik kelebihannya ke kasir. Lebih praktis pakai credit card.
  3. Setelah ok verifikasi (dana kartu kredit cukup), maka kita tinggal masukkan nozzle ke dalam tangki bensin. Setelah itu, pilih oktan dari bensin yang kita mau. Ada pilihan oktan 87, 89, 91 dan 94. Kami pilih yang paling murah yaitu 87 saja dan kualitasnya sudah sangat bagus.
  4. Jika sudah full tank atau mencapai limit value yang tadi dimasukkan, nozzle akan menghentikan pengisian secara otomatis.
  5. Masukkan nozzle kembali dan pilih tombol untuk mendapatkan receipt.

Tips membeli bensin

Beli bensin saat tangki tinggal setengah. Kita tidak tahu SPBU terdekat selanjutnya. Kadang jarak terdekat bisa hingga 150 km. Ada banyak sekali supplier penjual bensin : Chevron, Petro Canada, Shell, Esso, Husky, dsb. Jadi ga usah pusing dengan brand supplier nya, semua sama saja. Yang lebih penting diketahui adalah harga bensin ditentukan oleh lokasi (bukan brand) dan bisa berfluktuasi setiap harinya.

Kami berikan gambaran harga bensin berdasarkan pengalaman kami (oktan 87) :

Di Kamloops  : Chevron & Petro Canada – CAD.1.369/liter (1,3 dolar bukan seribu tiga ratus dolar ya)

Di Golden      : Chevron – CAD.1.469/liter

Di Lake Louis : Petro Canada – CAD.1.399/liter

Di Banff         : Shell – CAD.1.389/liter

Di Hope        : Esso – CAD.1.399/liter

Di Richmond-Vancouver Airport   : Husky – CAD.1.529/liter

Jika rute perjalanan seperti kami, dari Vancouver ke Banff kembali Vancouver, maka saran nya adalah mengisi bensin di area Kamloops dan Banff. Hindari mengisi bensin di Vancouver, Golden, dan Revelstoke (harga lebih mahal daripada Golden). Kami menggunakan www.gasbuddy.com untuk mengetahui gambaran lokasi dan harga bensin.

Ada aturan bahwa untuk mengembalikan mobil, maka tangki bensin harus diisi full pada hari yang sama (dibuktikan dengan receipt) pada jarak radius maksimal 10 mile dari lokasi pengembalian mobil. Namun pada kasus kami petugas pengembalian mobil tidak membutuhkan receipt tersebut. Dia sudah melihat bahwa tangki bensin full. Cukup.

Penggunaan bensin selama perjalanan kami sangat hemat. Sekitar 1 : 18, artinya 1 liter untuk 18 km. Selain karena mobil baru dan penggunaan system eco sehingga hemat bensin, jalanan pun cukup sepi, hanya sesekali macet karena ada konstruksi atau binatang di tengah jalan. Sekali mengalami macet parah (mirip Jakarta hanya lebih tertib) saat kembali masuk Vancouver karena penyempitan lajur dari 4 menjadi 1. Jarak tempuh perjalanan kami total 2200 km dan hanya menghabiskan 124 liter bensin senilai CAD.175.

 

Mengenai Parkir

Dari Vancouver, kami langsung masuk Highway, jadi tidak punya pengalaman parkir di kota Vancouver. Hanya saja sepengetahuan kami, parkir di Vancouver cukup mahal dan sulit. Itu sebabnya kami tidak menyewa mobil selama di Vancouver melainkan hanya untuk road trip ke luar kota. Di luar Vancouver, semua parkir di dalam kota dan lokasi wisata adalah gratis. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Mengembalikan mobil di Vancouver Airport

    Tanda larangan parkir (sudah pasti akan diderek jika melanggar). Setiap kota punya lokasi parkir khusus di mana orang bisa parkir mobil. Biasanya cukup strategis di tengah kota atau di pinggir jalan secara parallel. Ada juga parkir disediakan khusus bus dan khusus orang dengan handicap/disable (gambar kursi roda). Ga boleh parkir di situ ya.

  • Lama parkir maksimum yang tertera di lokasi parkir. Di Banff umumnya parkir maksimum 3 jam. Di Samson Mall, Lake Louise batas maksimum 2 jam. Jika lebih, di kaca mobil depan akan diberikan surat tilang yang harus dibayar. Walaupun sepertinya tidak terlihat adanya petugas parkir, tapi kami pernah melihat surat tilang tersebut di mobil orang lain.
  • Jika parkir menginap di hostel, silakan daftarkan nomor kendaraan mobil di front desk sebagai mobil tamu. Jika ketahuan bukan mobil tamu namun parkir menginap di situ, maka mobil akan diderek.
  • Banyak danau dan pemandangan cantik di sepanjang jalan. Jika menggunakan mobil sendiri, bisa stop di mana saja yang ada lahan menjorok untuk stop/parkir mobil, gratis-tidak ada tukang parkir. Banyak tersedia di sepanjang jalan. Bisa untuk foto2, menikmati view atau sekedar istirahat sambil makan jika lelah menyetir.
  • Kebanyakan tempat wisata memiliki area parkir yang terbatas. Jika summer, maka sangat sulit mencari parkir antara jam 10-17. Terkadang ada beberapa tempat ditutup saking parkirnya sudah penuh. Kami mengalami kesulitan parkir di Emerald Lake (jam 12 siang) dan di Moraine Lake (jam 5 sore ditutup jalan masuknya, diminta datang lagi setelah jam 6 sore-akhirnya jam 6 lebih sudah bisa masuk tapi tetap sulit cari parkir). Jika datang pagi hari sekitar jam 6-9 pagi secara umum parkiran sangat sepi di semua tempat wisata.

 

Hal-Hal Lain

Kami start road trip hari pertama dari Vancouver dengan tujuan Revelstoke. Perjalanan sekitar 7 jam, dengan stop di Kamloops untuk isi bensin dan menikmati Shuswap Lake di Salmon Arm. Bermalam di Revelstoke, esoknya berangkat menuju Lake Louise dengan singgah di Golden untuk isi bensin dan stop di Yoho National Park (Kicking Horse River, Emerald Lake). Menginap 2 malam di Lake Louise dan 1 malam di Banff. Dari Banff kembali menuju Revelstoke untuk bermalam. Kemudian esoknya kembali ke Richmond-Vancouver. Jadi untuk road trip dari Vancouver menuju Banff National Park kami stop over di Revelstoke agar tidak terlalu lelah dan ini merupakan pilihan yang tepat dari segi jarak.

Untuk rute seperti kami, sebaiknya ada minimal 2 driver yang fungsinya dapat saling menggantikan karena perjalanan sangat jauh. Kami berkali2 bergantian menyetir untuk jarak tempuh yang jauh. Sebagai gambaran, karena adanya fungsi cruise control maka dihimbau pengemudi tidak banyak menggunakan rem kaki. Artinya saat ada tikungan, kecepatan mobil diharapkan tetap konstan pada kecepatan tinggi, paling diturunkan sedikit menggunakan cruise control bukan menggunakan rem kaki. Otomatis konsentrasi driver menjadi sangat tinggi karena harus fokus pada jalan dan tikungan dengan tetap berkecepatan tinggi, ini cukup membuat lelah untuk jarak jauh. Konsekuensinya memang ada biaya tambahan untuk menambah driver selain driver utama.

Saat mengemudi dilarang melakukan aktivitas lain seperti makan atau menelepon. Dendanya akan sangat besar jika ketahuan oleh petugas. Kami tidak menggunakan GPS selama perjalanan, jadi mengandalkan petunjuk arah dan co-pilot yang membaca peta / gambar google map yang sudah disiapkan sebelumnya. Bisa kok.

Oya, ketika sudah masuk ke area National Park yang jauh dari kota, maka tidak ada musik dari radio. Sebaiknya membawa usb dari rumah yang berisi lagu2 dan bisa dipasang pada audio mobil atau memutar lagu yang ada di handphone supaya bersemangat saat menyetir.

Mobil di sini tidak ada yang menggunakan kaca film gelap. Namun begitu biarpun banyak barang berantakan di jok belakang mobil kami dan terlihat transparan, tetap aman, tidak ada pembobolan mobil. Koper kami letakkan di bagasi. Siapkan kaca mata hitam saat berkendara untuk menghindari sinar UV yang tajam. Kalo perlu juga pakai sunblock, sarung tangan dan baju lengan panjang untuk menghindari teriknya matahari yang terasa sakit di kulit saat menyetir.

Menyewa campervan/caravan harganya sangat mahal dan tidak mudah untuk parkir, karena tidak semua lokasi parkir mobil memperbolehkan RV (Recreational Vehicle) juga parkir di situ. Seringkali harus mencari lokasi parkir khusus RV. Handling nya pun lebih sulit karena body yang besar dan bensin nya lebih boros. Jika dianggap bisa menghemat akomodasi memang betul, namun tetap harus cari air bersih sendiri, wifi sendiri, peralatan makan/masak sendiri, wc dan tempat mandi sendiri, dimana hal tersebut sudah include jika stay di hostel. Jika pergi beramai2 mungkin lebih pas. Untuk kami berdua sih tetap lebih murah sewa mobil sedan biasa dan menyewa hostel.

Secara umum, menyewa dan menyetir mobil untuk menikmati Canadian Rockies sangat mudah dan disarankan jika pergi minimal berdua. Selain sangat hemat, kita pun dapat berhenti di mana saja, kapan saja, selama yang kita inginkan untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa di sepanjang jalan.

Mau tau keindahan alam seperti apa yang bisa dinikmati di sepanjang Canadian Rockies ? Silakan baca trip kami di Western Canada.

 

Advertisements
Categories: 2015-2019, AMERICA, Artikel, Canada, Other | Tags: , , , , , , , , | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Menyewa & Menyetir Mobil di Western Canada – British Colombia & Alberta (June 2018)

  1. another reference. berharap bisa road trip kayak gini.

  2. Stevie Mulia

    Mantap! Sangat detail sekali!

We love your feedback !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: