Advertisements

Great Britain, UK : 25 May-10 June 2019 (Persiapan)

Prolog

Sebetulnya, apakah UK itu sama dengan Inggris ? Supaya tidak salah kaprah, kami jelaskan dulu sedikit ya.

  • UK (United Kingdom) terdiri dari : England (Inggris), Scotland (Skotlandia), Wales dan Northern Ireland (Irlandia Utara ibukota nya Belfast -bukan Republik Irlandia yang ibu kotanya Dublin). Nama panjangnya lebih menggambarkan, yaitu United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Hehe… puanjaaang ya.
  • Great Britain terdiri dari : England (Inggris), Scotland (Skotlandia) dan Wales. Jadi UK minus Irlandia Utara.
  • Sedangkan England/Inggris itu adalah negara terbesar dan terpadat di antara negara2 lain yang membentuk Great Britain atau UK. Itulah sebabnya seringkali orang menganggap UK sama dengan Inggris, padahal sebetulnya Inggris hanyalah bagian dari UK.

Jadi jangan salah menyebut : “kami akan ke UK dan ke Scotland” Itu salah kaprah, karena Scotland adalah bagian dari UK. Sudah paham ya 🙂

Nah, kami sendiri untuk perjalanan kali ini rencana nya mengeksplor negara2 Great Britain. Jadi England, Scotland (hanya Edinburgh) dan Wales (hanya Cardiff). Tidak sampai ke Irlandia Utara sehingga tidak bisa dibilang menjelajah UK. Namun untuk visa, tidak ada visa Inggris atau visa Great Britain. Adanya Visa UK yang mencakup 4 negara. Silakan membaca pengalaman kami mengurus Visa UK yang tidak lancar. Selain visa, persiapan berikutnya adalah mengurus Travel Insurance. Untuk mengurus visa UK tidak dibutuhkan bukti asuransi, jadi ini optional. Silakan membaca pengalaman kami memilih asuransi perjalanan yang sesuai.

Sekarang, apa saja yang perlu dibooking ?

1. Flight

Kami memilih menggunakan maskapai Thai Airways, karena kami belum pernah naik maskapai ini, belum pernah transit di Bangkok, jam pergi dan pulangnya cocok, reviewnya baik, serta untuk rute Bangkok-London-Bangkok jenis pesawatnya Airbus 380 yang besar 2 tingkat itu loh. Mantap. Tiket dibeli dari tiket.com saat ada promo. Dari harga 11 juta menjadi 10 juta per orang. Walaupun ga murah2 amat memang, tapi untuk kepergian di tgl dan jam yang kami mau serta kenyamanan yang kami harapkan, masih oke lah. Apalagi trip kali ini sebetulnya bagian dari celebration wedding anniversary kami yang ke-15. Boleh dong.. sekali2 pilih yang nyaman 😉

2. Train Bath-Cardiff

Rute kami adalah : London-Bath-Cardiff (Wales)-Cotswolds-Edinburgh (Scotland)-York-London. Seluruh trip antar kota dilakukan dengan road trip, alias menyetir sendiri. Hanya ada satu bagian yang menggunakan kereta karena pertimbangan repot cari parkir dan hanya ingin day trip, yaitu Bath-Cardiff-Bath. Jadi kami booking melalui https://www.nationalrail.co.uk/

Silakan coba booking sekitar 2 bulan sebelum hari H, biasanya ada harga promo yang dikeluarkan. Kami mendapatkan harga Bath-Cardiff pp seharga GBP.15/org dari harga normal antara GBP.22-27/org. Lumayan kan ?! Nanti e-ticket yang dikirim melalui email harus ditukarkan di stasiun dengan tiket asli.

3. Rental Mobil

Kami kembali menggunakan http://www.arguscarhire.com, seperti saat sewa mobil di Canada. Kali ini vendor yang kami pilih adalah “Budget”, anak perusahaan dari Avis. Sebetulnya ada vendor lokal yang jauh lebih murah, tetapi karena reviewnya kurang bagus kami ga berani pilih. Harganya 3,5 juta untuk 10 hari. Ambil dan kembalikan lagi di London Heathrow Airport. Untuk lebih lengkap mengenai hal ini, bisa baca postingan menyewa & menyetir mobil di UK.

4. Akomodasi

Untuk trip kali ini, kami menggunakan banyak alternatif akomodasi : London (Dover Hostel), Egham (family), Bath & Cotswolds (airbnb), Harrogate (hotel), Edinburgh (Couchsurfing) dan York (airbnb). Harga akomodasi di UK memang terbilang mahal. Keseluruhan akomodasi kami selama 9 malam mencapai 7,2 juta untuk berdua. Itu tertolong karena dari 9 malam, 4 malam nya di London kami menginap di hostel dormitory 6 bed yang cukup murah. Selebihnya rata2 sejuta per malam. Di luar itu, 5 malam bisa gratis (di family dan Couchsurfing).

5. Tiket Musical Theatre

Salah satu hal yang harus dilakukan di London adalah menonton musical theatre nya ! Diana pernah nonton musical theatre saat ke London tahun 1995. Pas masih SMA. Itu adalah pengalaman yang sangat berkesan karena baguuuuuus dan kereeeen banget di jaman itu ! Nah, kami itu memang suka banget live theatre apalagi musical theatre. Jadi kudu wajib nih hukumnya. Tapi kalo ga suka ya ga usah maksain juga, karena harga nonton theatre gini cukup mahal.

Setelah pilih2 banyak judul, akhirnya kami memutuskan nonton Les Miserable. Website untuk booking theatre ini cukup banyak. Ada 2 yang menurut kami paling murah, yaitu https://officiallondontheatre.com/ dan https://www.londontheatredirect.com/ Silakan dicompare saja sendiri. Pilihan harga seat nya juga banyak, makin strategis tempat duduknya tentu makin mahal.

6. National Trust Touring Pass

Tiket untuk masuk objek wisata historis di UK terbilang mahal. Namun mereka mengeluarkan pass yang bisa mengcover banyak objek wisata tersebut dengan gratis. Jadi hanya bayar pass nya saja. Hitung2 kalo pergi ke 2 objek wisata terkenal saja, harganya lebih mahal daripada beli pass. Ya mending beli pass saja. Ada 2 pass yang bisa digunakan : English Heritage – Overseas Visitor Pass dan National Trust Touring Pass. Masing2 pass memiliki list lokasi wisata yang berbeda, jadi pilih yang memang mengcover wisata pilihan kita. Bagi kami yang mau ke Stonehenge dan Fountains Abbey, kedua pass ini bisa digunakan. Jika dibandingkan harganya, National Trust Touring Pass lebih murah sedikit, jadi kami pilih yang ini.

Belinya bisa di https://shop.nationaltrust.org.uk/ atau https://www.visitbritainshop.com/ Hanya sayangnya tidak bisa dibeli dengan kartu kredit dari negara Indonesia. Kami sampai bertanya by email ke mereka dan mereka hanya say sorry kalo Indonesia belum termasuk jangkauan service mereka. Sedih banget ya. Terpaksalah kami minta bantuan family yang tinggal di UK untuk membelikan pakai card dia. Nanti kami ganti cash saja. E-voucher dikirimkan by email dan tinggal ditukarkan dengan kartu asli di UK. Pas juga di visitbritainshop itu ada diskon royal baby 10%, iya.. pas Meghan Markle baru lahiran, jadi salah satu bentuk merayakan nya dengan kasi diskon. Dari harga GBP.58 untuk berdua, jadi hanya GBP.52,20. Cihuy deh !

7. Sky Garden

Ini adalah menara yang bisa lihat view London dari ketinggian dengan gratis. Namun untuk bisa naik ke atas harus reservasi by online. Karena peminatnya banyak, maka disarankan booking dari sejak 3-4 minggu sebelumnya, karena memang slot nya terbatas. Silakan buka https://skygarden.london/booking lalu pilih tanggal dan jam yang dikehendaki.

8. Program : 2FOR1 Days Out

Ada program menarik yang bisa dimanfaatkan jika kita pergi berdua, yaitu program 2 for 1. Intinya, kita bisa masuk berdua ke berbagai atraksi wisata yang berpartisipasi, dengan harga 1 orang, jika menunjukkan voucher (bisa booking dan print online) serta tiket kereta (bukan tiket tube) menuju atraksi wisata tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa baca di https://www.daysoutguide.co.uk/2for1-london. Ikuti petunjuknya untuk booking dan print vouchernya. Kami gunakan ini untuk masuk Hampton Court, Tower of London dan Greenwich. Dengan cara ini, kami bisa berhemat cukup banyak, apalagi tiket tempat2 wisata di London itu mahal2. Jauh lebih murah menggunakan program ini daripada beli London Travel Pass.

9. Tiket Wisata Online

Banyak tempat wisata yang menawarkan harga lebih murah apabila beli tiketnya secara online, silakan cek saja ke masing2 website nya. Kami sendiri beli tiket online untuk Edinburgh Castle dan Cardiff castle. Sedangkan untuk Stonehenge, walau pun gratis karena menggunakan National Trust Touring Pass, namun tetap perlu booking tiket online nya, karena sekarang ada batasan pengunjung nya per hari dan diatur alokasi waktunya. Silakan buka https://bookings.english-heritage.org.uk/stonehenge/sessions.aspx?tid=2&_ga=2.16781241.1628192039.1558344942-291675949.1557149597 untuk melakukan reservasi. Pilih tanggal dan waktu kunjung sesuai rencana.

10. Airport Transfer

Pas banget lagi ada promo harga murah untuk airport transfer dari Traveloka. Menggunakan Golden Bird (Avanza) rute Serpong-Soekarno Hatta dari seharusnya harga 260 ribu menjadi 117 ribu all in (termasuk bensin, tol dan parkir). Lumayan banget kan, langsung saja kami booking deh.

 

Oke, persiapan bookingan sudah beres. Sekarang waktunya ACTION !

 

Bersambung ke Great Britain, UK : 25 May – 10 June 2019 (Part 1 – London)

Advertisements
Categories: 2015-2019, England, EUROPE, Scotland, Wales | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

We love your feedback !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: