Advertisements

Europe Scandinavia : 1-15 July 2016 (part 9 – Finished)

Epilog

Untuk trip Scandinavia kali ini, kami memperkirakan budget di angka 45 juta all in untuk berdua (termasuk day trip di Istanbul). Ternyata setelah dijalankan, bisa tuh !! Bisa lebih hemat jika makan lebih murah, tidak masuk ke atraksi berbayar, tidak menginap di Flam dan berhemat di transportasi. Tapi buat kami ini sudah pas banget lah. Sayang kalo jauh2 terbang belasan jam, tapi tidak menikmati dengan maksimal.

Perjalanan kali ini jauh lebih santai daripada trip Eropa Barat yang kami lakukan di tahun 2012. Bisa baca di Europe Trip (2012). Waktu itu 8 negara dalam 15 hari, kejar setoran karena lokasinya memang berdekatan semua. Bahkan ada 2 negara yang cuma day trip saja, tidak menginap. Kalo kali ini 4 negara dalam 15 hari. Lebih bisa menikmati dan banyak waktu berinteraksi dengan local host. Pengeluaran tidak beda jauh, jadi sebetulnya Scandinavia terjangkau juga kok.

Berikut rangkuman informasi dan saran untuk perjalanan Scandinavia :

Norway (Oslo, Flam, Bergen)

Beautiful Flam

Beautiful Flam

Jika membeli transportasi pass di oslo, gunakan dengan maksimal, naiklah ferry yang menuju ke pulau2 Oslo. Perjalanan Norway in a Nutshell is a must ! Tapi atur saja perjalanan nya sendiri, ga perlu beli paket tour nya. Sempatkan menginap semalam di Flam dan jelajahi keindahan kota Flam yang cantik. Makan di Ikea untuk merasakan Salmon murah dan asli dari negara asalnya. Di Bergen pada hari yang cerah segera naik ke Mt.Floyen pagi2 pakai cable car dan turun gunung dengan jalan kaki melewati hutan.
Biaya sekitar 4 juta berdua untuk durasi 6 hari. Paling mahal adalah untuk transportasi rute Norway in a Nutshell dan hostel di Flam. Hemat di makanan karena host kami yang luar biasa di Bergen dan bekal dari Indonesia masih banyak, hehe..

Denmark (Copenhagen)

Kami sangat menikmati area Nyhavn dan sekitar perairan hingga sampai ke patung Little Mermaid. Area Christiania juga cukup unik dan seru. Penggemar Lego silakan mampir ke toko Legonya. Cobalah makan (danish) hotdognya sebagai salah satu makanan khas Denmark plus bir Calrsberg. Untuk orientasi kota, silakan ikut free walking tour.

Biaya sekitar 2 juta berdua untuk durasi 3 hari, termasuk kereta Copenhagen-Stockholm. Paling mahal adalah untuk transportasi karena host kami lokasinya agak jauh dari pusat kota. Hemat di makanan karena host dan teman2 baru kami di Copenhagen.

Sweden (Malmo & Stockholm)

Jika naik kereta dari Copenhagen ke Stockholm, mampirlah sebentar di Malmo. Kota kecil yang cantik dan rapi, berbeda nuansa dengan Stockholm yang besar dan modern. Maksimalkan transportation card dengan melakukan metro tour ke station2 yg keren itu yah 😉 Luangkan waktu seharian untuk main di Djurgarden, masuk ke Vasa Museum dan jalan2 ke Gamla. Pastikan melihat parade marching band yang spektakuler saat pergantian penjaga di Royal Palace. Negara asal Ikea dan ABBA ini cukup bangga dengan bahasa mereka, sehingga jarang ditemui petunjuk berbahasa Inggris. Lumayan sering kami bertanya dengan penduduk lokal.

Biaya sekitar 1,5 juta berdua untuk durasi 3 hari, termasuk ferry cruise Stockholm-Helsinki. Paling mahal untuk biaya transportasi dalam kota, tapi harus karena kota Stockholm sangat besar.

Finland (Helsinki & Porvoo)

Penampakan Suomenlinna

Penampakan Suomenlinna

Beli buah2an di Market Square lalu piknik di Suomenlinna dan menikmati suasana benteng jaman dulu. Jika ada waktu, mampir ke pulau Seurasaari dan jalan2 ke Porvoo. Kami sangat menikmati suasana alami dan khas dari tempat2 tersebut. Harga makanan di Ikea Helsinki cukup mahal, jadi sebaiknya ga usah. Beli bahan makanan di Supermarket dan masak sendiri saja. Atau kalo mau yang khas, coba Hes Burger, model Burger King tapi lebih murah, ini jaringan fastfood lokal Finland.

Biaya sekitar 2 juta berdua untuk 4 hari, termasuk bus ke Porvoo. Paling mahal adalah untuk makan dan bus ke Porvoo.

 

Beberapa Tips Lainnya :

# SUHU & CUACA

  • Walaupun musim panas (summer), namun suhu di bumi utara ini masih cukup dingin untuk penduduk tropis seperti kita.  Untuk awal Juli, suhu berkisar antara 12-24 derajat celcius. Siapkan pakaian ber-layer, sehingga bisa dilepas jika panas dan bisa ditambah bila dingin.
  • Bawa topi, sunglass dan sunblock. Matahari yang bersinar sepanjang hari (bahkan terik sampai jam 11 malam) membuat kulit kita lumayan terbakar.
  • Siapkan payung dan jacket tahan air ber-ponco untuk menghadapi hujan. Gunakan tas tangan, ransel dan koper yang tahan terkena hujan. Perjalanan kami di Norway cukup sering dilanda hujan.

# CURRENCY / MATA UANG

  • Dari empat negara yang kami kunjungi, hanya Finlandia yang menggunakan Euro. Swedia menggunakan Norway Krone (NOK), Denmark dengan Denmark Krone (DKK), dan Swedia menggunakan Sweden Krona (SEK). Kalo Euro sih gampang didapatkan di mana2, tapi tiga mata uang lainnya sangat sulit ditemukan bahkan di Jakarta sekalipun.
  • Hanya ada satu money changer di Jakarta yang kami tahu menyediakan  NOK-DKK-SEK, yaitu VIP. Itu pun jika stoknya ada. Sayangnya, hanya buka pada jam kerja di hari kerja. Kami sendiri tidak memiliki waktu untuk ke sana, sehingga tidak bisa membawa mata uang lokal tersebut dari Indonesia.

Ada beberapa alternatif lain, yaitu :

  • Bawa Euro/USD untuk ditukarkan di tiap negara tujuan. Masalahnya adalah jika menukarkan di airport atau stasiun kereta, maka ratenya jelek. Ditambah lagi dengan adanya biaya komisi untuk setiap kali transaksi sekitar 1-2,5%. Bahkan di airport Oslo dikenakan biaya komisi sebesar NOK.50 per transaksi sehingga sangat rugi jika menukar uang dalam jumlah sedikit.
  • Tarik tunai dengan kartu debit (Cirrus atau Alto) di negara tujuan. Ada cukup banyak atm dan beberapa bisa mengeluarkan beberapa jenis mata uang. Cara ini bisa efisien jika menarik uang dalam jumlah banyak, karena biaya administrasi dikenakan per penarikan.
  • Pakai credit card (visa atau master). Bisa digunakan dimana-mana selama menggunakan pin. Bahkan ada beberapa tempat yang “harus” menggunakan card, seperti toilet, mesin penjual tiket transportasi dan locker. Cara ini menurut kami sangat praktis. Saat menggunakan credit card, kita sendiri yang memasukkan kartu ke mesin dan memasukkan pinnya.

# TRANSPORTASItrain

  • Beli semua yang bisa dibeli secara online dari Indonesia. Untuk tiket kereta bisa beli sekitar 2-3 bulan sebelum hari H agar mendapat harga termurah.
  • Semua transportation pass sudah otomatis teraktivasi saat dibeli, kecuali Oslo dan Bergen. Di Norway semua pass perlu diaktivasi saat mau digunakan pertama kali. Jangan sampai lupa karena cukup sering ada pemeriksaan acak.
  • Di kota2 besar Scandinavia, biasanya dibedakan antara transport kereta untuk perjalanan di kota dan kereta untuk perjalanan ke suburb (area sekitar kota). Di Copenhagen dan Stockholm, ada “train” dan “metro”. Kadang membingungkan, jadi pastikan kita memilih transportation pass yang cocok, memegang peta transport dan bertanyalah jika kurang paham.

# MAKAN & MINUM

  • Air keran (tap water) aman untuk diminum. Bawalah botol minum kosong dari Indonesia.
  • Yang murah dan mudah didapat adalah makanan fast food seperti Mc.Donald, Burger King, IKEA (kecuali Ikea Helsinki yg mahal) dan snack pinggir jalan atau beli di minimarket (hotdog, pizza, roti, dsb).
  • Belanja bahan makanan di supermarket dan masak sendiri, seperti kentang goreng, telur, pasta, dsb. Beli juga macam2 roti gandum. Makin tinggi kadar seratnya, makin seret dan berat ngunyahnya, hehe..
  • Gambaran tarif toilet di Central Train Station Oslo NOK.20, Bergen NOK.10, Copenhagen DKK.5, public toilet Stockholm SEK.10, station Helsinki Euro.1,25

# AKOMODASI COUCHSURFING

Lovely Couchsurfing Host

Lovely Couchsurfing Host

  • Mencari CS di Scandinavia saat summer sangat sulit. Selain penduduk memang sedikit, mereka umumnya juga pergi berlibur saat summer. Permintaan host Scnadinavia juga menggunung karena akomodasi yang terkenal mahal. Cobalah mencari host yang tinggal di pinggiran kota, kemungkinan akan lebih besar untuk diterima. Host kami semuanya tinggal di pinggiran kota, tapi transportasi ke pusat kota sangat mudah.
  • Contoh souvenir/oleh2 yang bisa diberikan untuk host : kopi khas Indonesia (mereka penggemar kopi), bumbu masak Indonesia, scarf batik, selai buah2an tropis (nanas), peta Indonesia (mereka rata2 ga tau tentang Indonesia).
  • Akomodasi hostel di Scandinavia sangat mahal dan rata2 mengenakan biaya tambahan untuk seprai dan handuk. Cobalah mencari alternatif Couchsurfing atau airbnb atau jaringan orang Indonesia yang ada di luar negri untuk bisa menekan biaya akomodasi.

Secara umum, traveling ke negara2 Eropa Utara sangat berkesan, terutama buat pecinta alam. Gunung, hutan, danau, semuanya indah2 ! Mahakarya Tuhan Sang Pencipta bumi ini. Udara yang bersih dan segar, serta matahari musim panas yang tidak pernah tenggelam, membuat kami orang tropis ini terkagum2. Mencicipi pedesaan dengan benteng2 kuno jaman dahulu di Suomenlinna, Helsinki, membuat kami jadi mengingat kembali impian cerita2 dongeng masa kecil kami. Hm.. jadi terdorong untuk merencanakan traveling ke Inggris. Soalnya buku2 cerita anak jaman dulu semuanya berlatar belakang pedesaan Inggris dengan kastilnya yang misterius.

Semoga yah, kami bisa jalan2 ke Inggris suatu saat nanti… jadi kami bisa ceritakan lagi kisahnya di sini 😉

 

Kisah sebelumnya di Europe (near) Scandinavia : Finland

Kisah sebelumnya di Istanbul (Free City Tour) 

 

Advertisements
Categories: 2015-2019, Denmark, EUROPE, Finland, Norway, Sweden | Tags: , , , , | 6 Comments

Post navigation

6 thoughts on “Europe Scandinavia : 1-15 July 2016 (part 9 – Finished)

  1. El

    Halo mba Diana dan mas Jeff. Senang sekali baca-baca pengalaman travelingnya dan berharap bisa segera traveling seperti kalian juga. Saya ingin minta saran utk milis backpacker traveling yang direkomendasikan apa saja ya? Jg airline yg kira2 recommended utk disubscribe newsletternya. Terima kasih sebelumnya 😁

    • Di buku Pasangan Traveling ada 1 halaman paling belakang isinya referensi milis, grup fb, dsb yang kami rekomendasikan.
      Untuk airline, subscribe saja semua sebisanya. Ga ada ruginya 🙂

  2. adis takdos

    aaaaa mauuuu!! someday someday:3

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    http://www.whateverbackpacker.com

  3. Tonny Tan

    dear Diana

    kami sekeluarga 2 dewasa 2 anak (11 dan 7 tahun) mau ke Oslo, Denmark, Swedia, Talinn, dan balik ke jakarta via helsinki…kami mengikuti itenerary bu Diana…start dari jakarta via singapore, istanbul dan Oslo…dgn turkish airline dari 18 june 2017 sampe 9 july 2017…sekitar 3 minggu…mohon saran sebaiknya berapa lama di oslo, flam dan bergen, juga kopenhagen, malmo dan stockholm serta di Talinn, helsinki dan porvoo…kami lebih menyukai nature…apakah sewa mobil nyetir sendiri disana worthed?

    thanks
    tonny

    • Hallo Mr.Tonny,
      Wah, senangnya mau beramai2 sekeluarga ke Scandinavia. Pantas rajin betul ngikutin posting ini. Hehe..
      Jika punya waktu 3 minggu dan suka nature, alokasikan lebih lama waktu di Norway dan Finland. Untuk nyetir saya sih ga terlalu recommended ya, karena antar kotanya cukup jauh2 dan melewati perairan. Lagipula di dalam kota2 tertentu tidak bisa dilewati mobil, jadi harus parkir dan jalan2 dengan public transport juga akhirnya. Kecuali mau sewa mobil hanya 2-3 hari untuk menjelajah ke pelosok2 Norway, mungkin seru juga tuh.
      Untuk antar kota lebih enjoy kemana2 naik train saja kalo ga mau pindah2 dengan pesawat.

      Selamat merancang itinerary yah !

      • Tonny Tan

        thanks Diana for the advise

        wish you soon go to UK and waiting the post

        success ya

        tonny

We love your feedback !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: