Mengurus Visa Canada (November 2022) – Selesai 1 hari setelah Biometrik !

Ini pengajuan Visa Canada kami yang kedua kalinya sejak kami menikah. Sebetulnya ini juga terpaksa sih, karena tujuan kami bukan ke Canada melainkan Alaska Cruise dari USA. Tetapi karena itinerary cruisenya “melewati” wilayah Canada, jadi walau kami bisa saja tidak turun di port Canada tapi tetap saja untuk naik Cruise nya kami harus punya visa Canada. Well, ya sudah lah, mau gimana lagi.

Untuk pengajuan visa Canada yang pertama kali adalah di tahun 2018, waktu itu memang tujuannya mau ke Canada. Selengkapnya bisa dibaca di sini. Nah, setelah pandemi COVID banyak perubahan terkait cara mengurus Visa Canada. Jadi kami coba bagikan pengalaman kami yang sekarang ya.

A. Lama & Alur Proses Peninjauan Aplikasi Visa

Dahulu, proses dari submit form sampai visa tertempel di paspor termasuk sangat cepat, tidak sampai 1 minggu beres. Nah, sekarang proses dari submit sampai visa jadi bisa sampai 2 bulan ! Beda banget ya. Alurnya pun sekarang lebih ribet, karena mesti beberapa tahapan.

  1. Isi form aplikasi secara online dan submit dokumen yang dibutuhkan. Nanti di akhir akan diminta bayar biaya Visa sebesar CAD.100 per orang menggunakan credit card.
  2. Pembayaran biometrik. Ini harus bayar lagi tambahan CAD.85 per orang menggunakan credit card juga secara online.
  3. Penjadwalan biometrik. Silakan pilih lokasi dan jadwal untuk pengambilan foto dan sidik jari. Juga ada beberapa form yang mesti diprint dan dibawa ke lokasi.
  4. Datang untuk biometrik. Di sini paspor dicek, tapi tidak disimpan oleh pihak VFS karena proses nya kan lama ya. Jadi paspor dibawa pulang lagi.
  5. Drop paspor ke VFS.
  6. Pengambilan paspor yang sudah ada Visa Canada nya.

Dulu bisa sekalian datang untuk biometrik dan drop visa, karena form diproses dulu, disetujui, baru biometrik. Skrg mesti biometrik dulu, baru form diproses. Jadi mesti 3x bolak balik. Karena itulah kali ini kami ajukan permohonan visa sekitar 5 bulan sebelum rencana keberangkatan. Supaya lebih tenang saja, lebih aman. Buat yang mendadak mau pergi ke Canada sepertinya ga disarankan ya untuk sekarang2 ini.

Visa Canada kali ini sangat express !

B. Proses Aplikasi Visa

a. Buka https://www.canada.ca/en/immigration-refugees-citizenship/services/application/account.html

b. Buat GC Key, yaitu username dan password untuk akses web aplikasi kita.

c. Persyaratan yang mesti diupload adalah :

  • Form Aplikasi Visitor Visa (IMM5257) : setelah download, diisi langsung di pdf, jangan lupa divalidasi baru upload
  • Family Information Form (IMM5707) : setelah download, diisi langsung di pdf, jangan lupa divalidasi baru upload
  • Travel History : scan paspor lama yang ada cap dan visa
  • Passport : scan paspor saat ini yang ada cap dan visa
  • Family Member Representative for Online Application (IMM5713) : jika pengajuan online lebih dari 1 orang dengan GC key yang sama. Dalam hal ini yang membuat account adalah Jeff. Diana sebagai anggota keluarga yang ikut serta. Nanti persyaratan yang harus diupload Diana tidak sebanyak Jeff, karena dianggap sudah diwakili Jeff.
  • Marriage License : scan akta nikah
  • Proof of means of Financial Support : scan tabungan 3-4 bulan terakhir, surat keterangan kerja
  • Digital Photo : pas photo ukuran 3,5 cm x 4,5 cm, minta saja dibuatkan file digitalnya oleh studio foto
  • Purpose of Travel : travel itinerary berisi bukti tiket, akomodasi dan rencana perjalanan

Setiap bagian permintaan dokumen hanya bisa memuat 1 file saja, berupa word/pdf/jpg. Jadi jika mau melampirkan beberapa file memang harus ada usaha lebih. Berikut yang kami lakukan :

  • Untuk scan halaman paspor, kami letakkan di word. Jadi 1 halaman word berisi 1-2 halaman paspor. Ditambahkan keterangan dengan ketikan itu cap/visa negara mana. Lalu setelah semuanya beres, dibuat 1 format pdf.
  • Untuk surat keterangan kerja dan bukti keuangan, kami gabungkan semua file menjadi 1 file pdf. Karena ada bukti e-statement bca yang sudah berupa pdf, sedangkan surat keterangan kerja dan buku tabungan menggunakan scan.
  • Untuk travel itinerary, kami gabungkan tiket pesawat dan bookingan cruise jadi 1 file pdf.

Setelah semua dokumen diupload, maka secara otomatis akan diminta pembayaran secara online menggunakan kartu kredit. Biayanya CAD.100 per orang.

C. Pengalaman Kami

Ternyata pengalaman kami berbeda jauh dari perkiraan dan pengalaman orang-orang yang kami ketahui. Proses yang kami alami SANGAT CEPAT. Begini timeline nya :

Tgl.9 Nov kami submit semua dokumen secara online.

Tgl.14 Nov kami mendapat email untuk membayar biaya biometrik.

Tgl.17 Nov kami mendapat email untuk penjadwalan biometrik, kami pilih tgl.23 Nov.

Tgl.24 Nov Visa sudah jadi. Kami mendapat email untuk drop paspor, kami drop paspor tgl.29 Nov.

Tgl.30 Nov Paspor sudah bisa diambil

Bayangkan. Jadi proses visa disetujui adalah 1 hari setelah biometrik, dan proses dari penyerahan paspor sampai bisa diambil juga hanya 1 hari. LUAR BIASA. Jadi ribet bolak balik doang ini sih namanya. Surprise sih, di saat petugas sudah bilang bisa sampai 2 bulan dan ada juga yang disetujui dalam waktu 2 minggu. Ternyata kami cuma 1 hari dong, Super express ! Dugaan kami karena ada visa USA yang masih berlaku dan kami pun sudah pernah dapat visa Canada sebelumnya.

Untuk drop dan ambil paspor bisa diwakilkan, tinggal isi form VFS consent terlampir saja ya.

Ok, malah jadi too early ya dapat Visa Canada nya, haha… ga papa deh. Tinggal siap2 sekarang untuk plan ke USA nya. Tunggu tanggal mainnya ya.

Categories: 2020-2024, AMERICA, Canada, Dokumen : Passport, Visa, SIM, Other | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

We love your feedback !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: